Pemerintah Diminta Tekan Impor agar Defisit Neraca Dagang Cepat Turun

Image title
Oleh Antara
19 Mei 2019, 12:37
Ilustrasi pelabuhan ekspor/impor. Peneliti CIPS mengatakan bahwa defisit neraca perdagangan dalam jangka pendek dapat diturunkan dengan mengendalikan impor.
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ilustrasi pelabuhan ekspor/impor. Peneliti CIPS mengatakan bahwa defisit neraca perdagangan dalam jangka pendek dapat diturunkan dengan mengendalikan impor.

Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Assyifa Szami Ilman menekankan perlunya konsistensi untuk fokus dalam mengatasi permasalahan defisit neraca dagang nasional. Indonesia mencatatkan defisit neraca dagang terburuk pada April 2019 sebesar US$ 2,5 miliar.

"Solusi dalam jangka pendek yang paling efektif dan selalu digulirkan adalah dengan mengendalikan impor. Hal ini sebenarnya lumrah dilakukan karena untuk mendorong peningkatan nilai ekspor," kata Assyifa di Jakarta, Minggu (19/5).

Advertisement

Adapun angka impor tercatat naik sebesar 12,2% dan ekspor turun sebesar 10,8%. Menurut Assyifa, faktor internal dan eksternal berperan dalam capaian neraca perdagangan saat ini. Faktor internal yang dimaksud yaitu masih dominannya bahan mentah sebagai komoditas utama ekspor Indonesia.

"Komoditas ini, walaupun konsisten mendorong ekspor, namun rentan terhadap perubahan harga, sehingga tidak bisa terus menerus diandalkan," jelasnya.

(Baca: Neraca Dagang April 2019 Defisit US$ 2,5 Miliar)

Sementara itu faktor eksternalnya yaitu meningkatnya tensi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok yang menjadi sentimen negatif perdagangan internasional. Semua negara yang bermitra dengan kedua negara tersebut, termasuk Indonesia, pasti terdampak dari adanya eskalasi perang dagang beberapa waktu terakhir ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement