Kemendag Jamin Stok Bahan Pokok Terjaga Sampai Idul Fitri

Rizky Alika
20 Mei 2019, 15:41
harga bahan pokok, kemendag, bahan pokok
ANTARA FOTO/SAIFUL BAHRI
Pedagang daging sapi menunggu pembeli di Pasar Kolpajung, Pamekasan, Jawa Timur, Senin (20/5/2019).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin stok bahan pokok akan terjaga hingga Idul Fitri. Dengan demikian, harga bahan pokok akan terjaga stabil.

“(Stok bahan pokok terjaga) sampai habis Lebaran," kata Sekjen Karyanto Suprih di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemendag, Depok, Senin (20/5).

Untuk menjaga kestabilan pasokan, salah satu cara yang dilakukan oleh Kemendag dengan menggelar pasar murah yang digelar setiap Ramadan. Dalam pasar tersebut, sejumlah penjual mematok harga bahan pokok di bawah harga pasar. Salah satu contohnya, harga bawang putih dijual Rp 20 ribu per kilogram dan daging beku Rp 70 ribu per kilogram.

Adapun, pasar murah telah digelar di Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK) Bandung. Kemudian, pasar murah akan digelar di Ciracas, Jakarta Timur pada 23 Maret, dan di kantor pusat Kemendag, Jakarta pada 27-29 Maret.

(Baca: Terobosan Kementan Berhasil Tekan Inflasi Pangan Sejak 2015)

Selain menggelar pasar murah, Kemendag juga memantau stok pangan di seluruh Indonesia. Ia pun menjelaskan, harga bawang putih sempat mengalami kenaikan lantaran izin impor belum diterbitkan. Padahal, sebanyak 95% stok bawang putih berasal dari impor.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...