Jokowi Menang Pilpres, Pelaku Usaha Berharap Ekonomi Kondusif

Rizky Alika
21 Mei 2019, 19:40
Pelabuhan ekspor
Arief Kamaludin | Katadata

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil perhitungan Pilpres 2019, dengan kemenangan pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin atas Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Pelaku usaha berharap, pasangan terpilih dapat menjaga perekonomian tetap kondusif di tengah banyaknya tantangan global.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan Indonesia masih menghadapi tantangan global seperti proteksionisme unilateral dari negara maju, volatilitas harga komoditas, serta ketidakpercayaan investor terhadap negara berkembang. Tantangan global tersebut berada di luar kendali pemerintah.

Maka itu, ia berharap pasangan terpilih dapat menyelesaikan isu-isu yang kontraproduktif di dalam negeri, yang dapat mengganjal akselerasi pertumbuhan ekonomi. "Tantangan perekonomian global ke depan akan sangat luar biasa," kata dia kepada katadata.co.id, Selasa (21/5). 

(Baca: Menteri Darmin Waspadai Perang Dagang yang Tak Akan Cepat Selesai)

Di dalam negeri, Indonesia masih menghadapi masalah dalam meningkatkan daya saing produk ekspor maupun menarik investasi. Untuk mengatasi masalah itu, Shinta menekankan perlunya perbaikan iklim bisnis dengan memperbaiki regulasi, perizinan, serta harmonisasi peraturan antara pemerintah pusat dan daerah.

Selain itu, ia menyatakan perlunya reformasi di bidang ketenagakerjaan lewat pengembangan sumber daya manusia. Reformasi perpajakan dan pengembangan infrastruktur fisik dan nonfisik juga perlu didorong. Sejauh ini. ia menilai, kebijakan-kebijakan yang dibuat pemerintah bisa meningkatkan daya saing, namun masih perlu diperbaiki.

(Baca: Bidik Ekonomi Tumbuh 5,3-5,6% di 2020, Ini 5 Prioritas Belanja Negara)

Di samping itu, ia pun menekankan pentingnya stabilitas politik di dalam negeri. Maka itu, ia berharap sengketa dalam Pilpres 2019 bisa segera selesai. Menurut dia, pelaku usaha sudah menerima hasil Pilpes 2019. 

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...