Pemerintah Rencanakan Pemanfaatan Limbah Tambang Smelter

Image title
21 Mei 2019, 17:46
Pemerintah Rencanakan Pemanfaatan Limbah Tambang Smelter
Katadata
Nikel

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi guna membahas pemanfaatan limbah tambang (slag) dari smelter. Tujuannya, agar slag tidak  mengotori dan membahayakan lingkungan.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menjelaskan rapat membahas pemanfaatan slag dari semua smelter. "Bagaimana kami men-treat slag dari semua smelter sehingga hilirisasi bisa berjalan," kata dia saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (21/5).

Ia menjelaskan, slag dari smelter nantinya dapat diolah menjadi batako, aspal jalan, beton, semen, dan macam-macam. Dengan adanya rencana pemanfaatan yang jelas, ia pun berharap pembangunan smelter baru bisa didorong agar cepat terealisasi.

(Baca: Datangi Kantor Pusat Freeport di AS, Jonan Bahas Dua Isu Penting)

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan, slag tidak boleh dibuang di sembarang tempat. Slag harus diperlakukan sebagai bahan berbahaya dan beracun (B3).

"Di-treatment sebagai B3, dapat izin pemanfaatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Slag-nya kan banyak, jutaan ton, harus diolah," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...