Datangi Kantor Pusat Freeport di AS, Jonan Bahas Dua Isu Penting

Image title
20 Mei 2019, 13:26
Telaah - Freeport
Iurii Kovalenko/123rf

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mendatangi kantor Freeport McMoran di Phoenix, Amerika Serikat. Ada dua isu penting yang akan dibahasnya sebagai tindak lanjut divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) 51% oleh PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Yang pertama adalah mengenai tata kelola lingkungan sesuai peta jalan yang sudah disetujui oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Kemudian, pertemuan juga akan membahas pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) di Indonesia dalam jangka waktu lima tahun, terhitung sejak Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) Operasi Produksi (OP) diterbitkan pada 2018.

Advertisement

Tak hanya itu, Jonan juga berkesempatan mengunjungi salah satu fasilitas tambang milik Freeport-McMorran di Morenci, Arizona. Nantinya, operasi tambang yang berada di Morenci akan menjadi standar pelaksanaan operasi tambang PTFI yang berada di Mimika, Papua.

(Baca: Freeport Berencana Tambah Kuota Ekspor Tahun Ini)

"Kunjungan ke Morenci dilakukan untuk melihat standar fasilitas operasi tambang Freeport," dikutip dari keterangan resmi Kementerian ESDM, Senin (20/5).

Selain delegasi dari Kementerian ESDM, turut juga hadir Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Ilyas Asaad, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun KLHK Rosa Vivian Ratnawati, Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin, dan CEO PTFI Tonny Wenas.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement