Terangi Desa Kalimantan Barat, PLN Keluarkan Dana Rp 130 milar

Image title
21 Mei 2019, 11:20
PLN, jaringan listrik, program listrik desa
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Ilustrasi, slogan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), 'Electricity For A Better Life'

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana menambah jaringan listrik di 60 lokasi, Kalimantan Barat (Kalbar), dengan biaya investasi sebesar Rp 130 miliar.

Penambahan jaringan ini merupakan bagian dari program listrik desa yang bertujuan untuk membangun infrastruktur listrik di pelosok daerah.

Rencana pembangunan ini diresmikan dengan melakukan penancapan tiang pertama (groundbreaking) yang diresmikan oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi dan General Manager PLN Wilayah Kalimantan Barat Agung Murdifi.

“Saat ini elektrifikasi desa menjadi fokus PLN. Kami ingin listrik dapat dirasakan oleh seluruh daerah," ungkap Agung, dalam siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Senin (21/5).

Nantinya PLN akan membangun jaringan listrik perdesaan di 60 Lokasi dengan panjang jaringan tegangan menengah sepanjang 359 kilo meter sirkit (kms), jaringan tegangan rendah sepanjang 221 kms dan gardu distribusi dengan kapasitas 9.625 kilo Volt Ampere (kVA).

Potensi pelanggan yang akan menikmati akses energi listrik tersebut sebesar 13.169 pelanggan. Pembangunan Jaringan Listrik Desa tahun 2019 pun akan meningkatkan rasio elektrifikasi PLN di Kalimantan Barat menjadi 90,4 %, dari sebelumnya 88,04 %.

(Baca: PLN Targetkan Seluruh Wilayah Indonesia Dapat Akses Listrik Tahun Ini)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...