BI Pantau Harga Komoditas Pangan Terkendali Jelang Lebaran

Agatha Olivia Victoria
23 Mei 2019, 15:51
harga komoditas jelang Lebarang 2019, Ramadan, Bank Indonesia, survei BI
Katadata
Ilustrasi. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, harga komoditas jelang Lebaran 2019 terkendali dengan baik.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan, harga komoditas jelang Lebaran 2019 terkendali dengan baik. Situasi ini jauh berbeda dengan bulan puasa tahun-tahun sebelumnya ketika harganya cenderung naik.

"Kami sudah melakukan survei pemantauan harga sampai minggu ketiga bulan Mei," ujar Perry saat Konferensi Pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Kamis (23/5).

Berdasarkan survei yang dilakukan kantor-kantor Bank Indonesia, diperkirakan inflasi mencapai 0,51% secara bulanan (month to month/mom) atau 3,14% secara tahunan (year on year/yoy). Rata-rata inflasi pada Ramadan dalam tiga tahun sebelumnya di level 0,68%.

Komoditas yang mengalami kenaikan harga, yaitu cabai merah, dan bawang putih. Dikutip situs Infopangan Jakarta, harga rata-rata komoditas cabai merah keriting di level Rp 32.574 per kilogram, dengan harga tertinggi Rp 42 ribu per kilogram. Harga bawang putih Rp 42.660 per kilogram, dengan harga tertinggi Rp 60 ribu per kilogram.

(Baca: Harga Bawang Putih dan Cabai Merah Semakin Panas)

Ada pula komoditas yang mengalami deflasi, yaitu bawang merah dan beras. Harga bawa merah di Jakarta, yaitu Rp 42.660 per kilogram, dengan harga tertinggi Rp 60 ribu per kilogram. Lalu, harga rata-rata beras sentra I/premium Rp 12.369 per kilogram, dengan harga tertinggi Rp 15 ribu per kilogram.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...