Mudahnya Beramal Pakai Donasi Digital GO-PAY

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
23 Mei 2019, 15:02
Lazismu Go-Pay
Go-Pay

Teknologi di sektor jasa keuangan terus berkembang. Tidak hanya membayar tol, berbelanja, dan membayar berbagai tagihan secara digital, kini beramal juga bisa dilakukan menggunakan uang elektronik. Donasi digital namanya.

 

Aktor sekaligus aktivis dakwah, Cholidi Asadil Alam, salah satu yang menyambut baik inovasi teknologi tersebut. Sedekah digital diharapkan bisa mempermudah kegiatan berdonasi bagi masyarakat. Dia sendiri juga merasakan manfaatnya terutama donasi dengan cara scan kode QR (quick response).

 

Cholidi berharap layanan tersebut mampu memperluas penghimpunan dan penyaluran dana amal sehingga menjangkau pelosok negeri. Pemeran Azzam dalam film Ketika Cinta Bertasbih ini juga sedang menjajaki kerja sama dengan salah satu penyedia donasi digital.

 

Insyaalloh kerja sama dengan GO-PAY untuk anak-anak yatim yang saya bina sendiri. Rumah tempat menampung mereka akan dijual, saya harap bisa sinergi dengan GO-PAY galang dana untuk beli rumah itu,” kata Cholidi kepada Tim Publikasi Katadata.

 

(Simak infografik: Transaksi Digital Ubah Pola Konsumsi Masyarakat)

 

Hal tersebut diceritakannya tatkala ditemui sebelum mengisi kajian Ramadan yang diselenggarakan GO-PAY dengan Masjid Al-Bina Gelora Bung Karno, Jakarta, belum lama ini. Ya, GO-PAY alias PT Dompet Anak Bangsa merupakan penyedia layanan donasi digital di Indonesia.

 

Masjid Al-Bina sendiri merupakan satu dari sedikitnya 300 organisasi/rumah ibadah yang bekerja sama dengan GO-PAY dalam pelaksanaan layanan donasi digital. Untuk bersedekah, pengguna cukup scan kode QR saja.

 

“Infaq digital sekaligus untuk menghindarkan masjid dari tindak yang tak diinginkan (pencurian dana amal). Kami kerja sama dengan GO-PAY sejak akhir November 2018. Dana terkumpul khusus sejak Februari Rp 23 juta, ini seratus persen tidak dipotong,” tutur Pengurus Masjid Al-Bina Tri Wicaksono.

 

(Baca juga: Cerita Kebiasaan Minum The Kaum Pekerja di Jakarta)

 

PT Dompet Anak Bangsa, anak usaha PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, menjadi jembatan bagi seluruh pengguna aplikasi on-demand GOJEK untuk menyalurkan donasi. Selain itu, uang elektronik ini juga bisa digunakan untuk menunaikan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...