Zamannya Berbagi Salam Tempel Lebaran Pakai Duit Elektronik

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
15 Mei 2019, 10:30
Ilustrasi pembayaran melalui QR Code Go-Pay.
Go-Jek
Ilustrasi pembayaran melalui QR Code Go-Pay.

Banyaknya pemeluk Islam membuat eforia bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri di Tanah Air terasa marak. Umat muslim Indonesia memang tercatat yang terbanyak di dunia mencapai sekitar 209,1 juta jiwa. Angka ini merujuk kepada data lembaga riset global Pew Research.

Bicara tentang bulan puasa dan lebaran terdapat beberapa ritual khas masyarakat muslim. Tak hanya berbuka puasa bersama, ada juga mudik, tunjangan hari raya (THR), makanan khas berupa ketupat, takbir keliling, membeli pakaian baru, serta saling berkirim ucapan selamat hari raya. Dan jangan lupa, terdapat tradisi berbagi angpao kepada sanak keluarga.

Di Indonesia, angpao lebaran merujuk kepada kegiatan memberikan salam tempel. Ini adalah jenis salam yang disertai amplop berisi uang senilai tertentu. Cara konvensionalnya dengan menyelipkan amplop ke genggaman tangan orang yang disalami.

Nah, mulai Ramadan 2019, salam tempel bisa diberikan secara digital memanfaatkan layanan uang elektronik. Salah satu pelopornya adalah GO-PAY melalui fitur “Chat” dalam aplikasi GOJEK. Ya, sesama pengguna aktif GO-PAY kini bisa berbincang dan saling berkirim uang. Yang penting, nomor telpon orang yang dituju tersimpan dalam “Kontak” ponsel.

Selain itu, aktivitas berbuka puasa bersama juga menjadi lebih sederhana. Pasalnya, GO-PAY memfasilitasi patungan secara daring alias online. Untuk kirim angpao maupun patungan menggunakan uang elektronik besutan PT Dompet Anak Bangsa ini, tinggal klik tanda plus (+) lalu pilih “Bayar” atau “Minta” dalam fitur “Chat”.

Seorang karyawan startup riset di Jakarta bernama Yanti mengaku telah mencoba fitur patungan atau split bill versi GO-PAY. “Saya menjadi enggak segan menagih uang patungan yang biasanya tunai dari teman,” ujar dia.

(Baca juga: Uang Elektronik Lindungi Pedagang Pasar dari Uang Palsu)

Pengguna aplikasi GOJEK lain, Jeany, juga berpendapat bahwa fitur split bill GO-PAY sangat memudahkan patungan. “Urusan bayar utang (patungan) jadi cepat dan mudah. Enggak perlu membuka dan memasukkan nomor rekening di m-banking,” tuturnya.

Yanti dan Jeany hanya sebagian kecil masyarakat yang merasakan manfaat dan kemudahan pembayaran secara digital via GO-PAY. Inovasi yang dihadirkan membuat semakin banyak orang familiar terhadap uang elektronik ini. Tak heran, sejak pertama kali muncul hingga sekarang, jumlah pengguna aktifnya naik 90 persen seiring transaksi tumbuh mencapai 25 kali lipat.  

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...