Mudik Lewat Jalan Tol Diskon 15%

Image title
24 Mei 2019, 19:08
mudik lebaran 2019, diskon tarif tol
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Tarif jalan tol diskon hingga 15% selama mudik lebaran 2019

Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) secara resmi menetapkan diskon tarif tol selama masa mudik lebaran 2019 sebesar 15%. Diskon ini berlaku di seluruh jalan tol, termasuk tol dalam kota.

Diskon tarif tol berlaku mulai 27 Mei-2 juni 2019 dan dilanjutkan pada 8-12 Juni 2019. Direktur Utama PT Jasa Marga (JSMR) Desi Arryani mengatakan pemberian diskon dilakukan agar mengurangi beban puncak di jalan tol. "Ini merupakan bentuk kepedulian kami agar masyarakat bisa memanfaatkan waktu mudik lebaran dan berlibur," ujarnya, di Jakarta, Jumat (24/5).

Diskon tarif mudik ini menghilangkan diskon tol clustering yang berlaku di beberapa ruas tol Trans Jawa. Namun Desi belum bisa memastikan waktu penghentian diskon tarif clustering.

(Baca: Jasa Marga Sediakan 75 Tempat Istirahat di Sepanjang Tol Trans Jawa)

Presiden Direktur PT Nusantara Infrastructure Tbk Muhammad Ramdani Basri mengatakan diskon tarif jalan tol berpotensi menurunkan pendapatan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Di sisi lain, diskon tarif tol juga bisa meningkatkan traffic jalan tol sehingga bisa meningkatkan pendapatan.

"Tetapi dengan diturunkan tarif yang relatif murah akan ada kemauan orang untuk masuk. Kalau sudah masuk, lama-lama volumenya besar," ujarnya.

Ruas tol Trans Jawa yang sudah beroperasi saat mudik lebaran tahun ini yaitu, Pasuruan-Probolinggo (Paspro) dengan panjang 31,30 kilometer (km), Pandaan-Malang yang memiliki panjang 38,49 km ,  dan Porong-Gempol yang memiliki panjang 6,34 km. 

Ada juga ruas tol Serampah-Tebing Tinggi di Sumatera Utara yang memiliki panjang 9,26 km. Tol ini merupakan seksi tujuh dari tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang memiliki panjang 61,7 km.

Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...