Jasa Marga Sediakan 75 Tempat Istirahat di Sepanjang Tol Trans Jawa

Image title
24 Mei 2019, 16:48
jalan tol trans jawa, jasa marga, mudik lebaran 2019, ramadan
ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK
Foto udara Jalan Tol Cikopo-Palimanan KM 146 di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (19/5/2019). Pemerintah akan menerapkan sistem pemberlakuan lalu lintas satu arah di ruas Tol Trans Jawa dari KM 29 Cikarang ke KM 263 Brebes pada 30 Mei hingga 2 Juni untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran 2019.

PT Jasa Marga Tbk menyediakan 75 tempat istirahat sepanjang jalan tol Trans Jawa saat mudik Lebaran 2019. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya tersedia 50 rest area.

Dari 75 rest area, sebanyak 32 tempat istirahat merupakan tipe A, 22 bertipe B, dan sisanya tipe C. Tipe A memiliki toilet, area parkir, musala, warung, bengkel, klinik, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), dan taman. Tipe B terdiri dari toilet, area parkir, dan musala. Terakhir, tipe C hanya terdapat toilet, area parkir, musala, dan kios.

Advertisement

PT Pertamina (Persero) nantinya akan menyediakan SPBU mobile di tempat istirahat tipe B dan C. "Tahun lalu dioperasikan tapi belum semua selesai, mungkin masih 60%. Sekarang sudah 90%," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani, saat ditemui di Gedung PUPR, Jumat (24/5).

Desi mengimbau kepada pemudik untuk mengisi saldo pembayaran tol elektronik dengan jumlah yang tidak tangggung, yaitu sekitar Rp 2 juta. Menurut dia, jika saldo kurang maka akan menyumbang kemacetan di pintu tol.

Hal itu juga berlaku untuk pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM), agar di SPBU tidak terjadi penumpukan. "Walaupun di jalan tol ada SPBU, tetap isi (bensin) penuh, jangan isi setengah-setengah. Supaya tidak menimbulkan antrean yang luar biasa," ujarnya.

(Baca: Jadwal Ganjil-Genap di Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran 2019)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement