Ekonom: Harga Pangan dan Tiket Pesawat Turun, Bulan Mei Masih Inflasi

Agatha Olivia Victoria
28 Mei 2019, 16:01
Pedagang sayur mayur di Kawasan Pasar Rumput, Jakarta, Rabu, (21/01). Bulan Mei ini diperkirakan masih terjadi inflasi walau harga sejumlah bahan pangan dan tiket pesawat mengalami penurunan atau deflasi.
Arief Kamaludin | KATADATA
Pedagang sayur mayur di Kawasan Pasar Rumput, Jakarta, Rabu, (21/01). Bulan Mei ini diperkirakan masih terjadi inflasi walau harga sejumlah bahan pangan dan tiket pesawat mengalami penurunan atau deflasi.

Inflasi pada pekan keempat bulan Mei 2019 tercatat sebesar 0,47% secara bulanan (month to month/mom). Nilai ini terlihat menurun dibandingkan minggu sebelumnya yakni 0,51% secara bulanan. Penyebab turunnya inflasi ini karena harga beberapa komoditas mengalami deflasi.

Berdasarkan survei pemantauan harga Bank Indonesia (BI), terdapat penurunan pada beberapa harga komoditas di antaranya beras, tomat, bawang merah, dan tiket angkutan udara. Beberapa maskapai tampaknya mengikuti kebijakan pemerintah yang menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat.

Advertisement

Namun, analis CORE Piter Abdullah menilai turunnya beberapa harga komoditas tersebut tidak akan membuat bulan ini terjadi deflasi. Pasalnya, item yang masuk ke dalam penghitungan inflasi sangat banyak.

"Turunnya beberapa harga komoditas tidak serta merta di bulan ini akan terjadi deflasi. Item yang masuk perhitungan inflasi tidak hanya produk pangan dan tiket pesawat," kata dia saat dihubungi Katadata.co.id, Selasa (28/5).

(Baca: Kenaikan Harga Bawang Putih Ditaksir Rugikan Konsumen Rp 2,6 Triliun )

Selain itu bulan ini juga berbarengan dengan Ramadan, dan menjelang Lebaran semua komoditas mengalami kenaikan permintaan. Lonjakan permintaan ini mengerek harga naik. Inflasi juga dihitung di puluhan kota yang kondisinya berbeda-beda. Beberapa komoditas memang tercatat mengalami kenaikan harga, yaitu cabe merah, bawang putih, daging ayam, dan telur ayam. Kenaikan harga ini sudah terjadi sejak menjelang Ramadan.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement