Tayang 29 Agustus, Gundala Jadi Film Perdana Jagat Semesta BumiLangit

Michael Reily
28 Mei 2019, 20:25
film gundala, joko anwar, jagat semesta bumilangit
Youtube/Screenplay Films
Potongan adegan dalam teaser trailer film Gundala yang disutradarai Joko Anwar.

Sutradara film Gundala, Joko Anwar menyatakan bahwa Gundala akan menjadi pembuka Jagat Semesta BumiLangit buatan Bumilangit Studios. Tak kalah dari Marvel Cinematic Universe dari Marvel Studios atau DC Extended Universe dari DC Films, Bumilangit Studios punya hak cipta lebih dari 1.100 karakter komik Indonesia.

Joko mengungkapkan bukan hanya Gundala, masih banyak lagi karakter keren yang akan muncul dalam Jagat Sinema Bumilangit. "Kita sudah merancang semestanya, karakternya jauh lebih banyak lagi," katanya dalam konferensi pers Gundala di Jakarta, Selasa (28/5).

Dia menceritakan, pengerjaan film Gundala juga memakan waktu sekitar dua tahun dengan skenario yang detail. Dia pun mengungkapkan penggarapan Gundala secara serius dalam 53 hari pengambilan gambar dan jumlah pemain yang ikut serta mencapai 1.800 orang.

Menurut Joko, Gundala adalah karakter yang bakal menyatukan semua orang sesuai dengan komik. "Tidak cukup tayang dalam satu film, Gundala akan muncul dalam film lain sebagai tokoh pemersatu, cerita asalnya juga begitu," ujarnya.

(Baca: Gundala, Film Jagoan Karya Joko Anwar yang Tuai Pujian Sebelum Tayang)

Dia menambahkan, latar waktu Gundala bakal menggunakan waktu tahun 2019. Namun, karakter Gundala tetap sesuai komik dan catatan Harya Suraminata yang akrab dipanggil Hasmi sebagai pembuat karakter.

Gundala pertama kali muncul dalam komik Gundala Putra Petir tahun 1969 oleh penerbit Kentjana Agung. Pengenalan Gundala ke film layar lebar menjadi salah satu momen peringatan ulang tahun ke-50 karakter tersebut.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...