Pahlawan Super Gundala Era Milenium Tayang di Bioskop Tahun Ini

Dini Hariyanti
23 Januari 2019, 12:46
Ilustrasi Film
Katadata

Pada bulan-bulan mendatang, bakal hadir lagi tontonan layar lebar hasil pengembangan karya intelektual. Film yang dimaksud berjudul "Gundala" disutradari Joko Anwar, mengisahkan sosok pahlawan super.

Sejauh ini belum disebutkan tanggal pasti pemutaran perdana film laga tersebut, baru dipastikan rilis pada 2019. Rumah produksi yang menggarap adalah Screenplay Films menggandeng Bumilangit Studios dan Legacy Pictures. (Baca juga: Disaksikan Sejuta Penonton, Skenario Keluarga Cemara Berdasar Riset

Pemutaran Gundala versi milemium pada tahun ini bertepatan dengan ulang tahun ke-50 komik "Gundala Putra Petir". Karakter ciptaan Harya Suraminata atau Hasmi ini pertama hadir pada 1969. Pada saat itu, komik silat sedang naik daun di Indonesia.

Hasmi dan beberapa rekannya tampil berbeda, mengadaptasi gaya komik asing dengan menyajikan kearifan lokal. Gundala menjadi salah satu yang paling menonjol. Hasmi pernah menuturkan, karakter ini terinspirasi sosok Ki Ageng Selo seorang legenda Jawa yang mampu menangkap petir dengan tangannya.

Komik "Gundala Putra Petir" terbit sebanyak 23 judul, yang terakhir adalah "Surat dari Akhirat" dirilis pada 1982. Sekian tahun kemudian, komik ini kembali muncul dalam Harian Kompas tepatnya pada 2013 dinaungi Bumilangit Entertainment.

Versi lawas film "Gundala" beredar pada 1981 diperankan Teddy Purba. Sementara Gundala era milenium dimainkan Abimana Aryasatya. (Baca juga: Istimewanya Dreadout, Film Gim Horor Lokal Membidik 1,5 Juta Penonton

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...