Aturan Satu Arah Tol Trans Jawa Diubah Jadi Cikampek Utama ke Brebes

Ameidyo Daud Nasution
29 Mei 2019, 20:26
arus mudik lebaran 2019, jalur one way jalan tol mudik
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Penampakan Gerbang Tol Kalihurip Utama, Karawang, Jawa Barat (20/5).  PT Jasa Marga (Persero) memastikan dua gerbang tol anyar pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip, siap beroperasi pada Kamis, 23 Mei 2019, atau menjelang arus mudik Lebaran 2019.

Kementerian Perhubungan mengubah sistem satu arah (one way) di jalan tol Trans Jawa dalam menghadapi arus mudik Lebaran 2019. Sebelumnya, one way berlaku mulai dari Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama. Saat ini pemerintah memutuskan jalur satu arah dimulai di GT Cikampek Utama menuju GT Brebes Barat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiadi mengatakan kebijakan ini diubah seiring dipindahkannya GT Cikarang Utama di kilometer (KM) 29 ke GT Cikampek Utama di KM 70.

Budi mengatakan, petugas lalu lintas akan mengatur arus kendaraan yang masuk mengingat di wilayah GT Cikampek Utama memiliki ruas tol bervariasi antara empat dan tiga jalur. "Agar seimbang akan dilakukan contra flow," kata Budi saat konferensi pers di Kemenhub, Jakarta, Rabu (29/5).

Dari keterangan Korps Lalu Lintas Polri, satu arah di arus mudik diterapkan pada 30 Mei hingga 2 Juni 2019. Sedangkan pada arus balik sistem one way diterapkan pada 8 Juni hingga 10 Juni 2019 dari GT Palimanan hingga Cikarang Utama.

(Baca: Jasa Marga Sediakan 75 Tempat Istirahat di Sepanjang Tol Trans Jawa)

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenhub Sugihardjo mengatakan dengan perubahan ini, pemudik yang melewati tol Cipularang tak akan terdampak. "Karena mereka keluar masuk di KM 62, tidak terkena," kata Sugihardjo.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...