ITB Targetkan Pengembangan Bioavtur Rampung September Tahun Ini

Image title
29 Mei 2019, 00:26
bioavtur, bahan bakar nabati
ANTARA FOTO/Rahmad
Ilustrasi buah kelapa sawit. ITB mengembangkan bahan bakar nabati (BBN) berupa bioavtur yang berbahan 10% minyak sawit dan 90% bahan bakar fosil. Pengembangan bioavtur tersebut diperkirakan akan rampung September 2019.

Institut Teknologi Bandung (ITB) tengah mempersiapkan pengembangan bahan bakar nabati berbasis minyak sawit dalam campuran avtur (bioavtur) untuk pesawat jet. Pengembangan bahan bakar nabati ini ditargetkan akan rampung pada September 2019 mendatang.

Salah satu persiapannya yaitu menentukan kilang yang akan digunakan untuk uji coba. Salah seorang dosen Program Studi Teknik Kimia ITB, IGB Ngurah Makertiharta mengatakan bahwa ada beberapa kandidat kilang yang akan digunakan untuk uji coba diantaranya yaitu Kilang Cilacap di Jawa Tengah dan Kilangan Balongan di Jawa Barat. Kedua kilang tersebut dimiliki oleh PT Pertamina (Persero). Selain itu, juga persiapan terkait pendanaan.

Oleh karena itu, ITB meminta kepada Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk membantu dalam pengujian bioavtur ini. "Karena itu butuh dana yang besar untuk mengadakan sawitnya. Jadi kami berusaha untuk mendapatkan dana pendukung dari BPDPKS," ujarnya di Jakarta, Selasa (28/5).

(Baca: Mendag Tawarkan Kerja Sama Pengembangan Bioavtur ke Boeing)

Namun Makertiharta belum bisa memastikan total nominal yang dibutuhkan untuk mengembangkan bioavtur dari 10% minyak sawit dan 90% bahan bakar fosil, karena bergantung pada kapasitas kilang, harga minyak sawit saat ini, berapa lama masa uji dan dana perisiapan lainnya.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...