Kemendag Waspadai Kenaikan Harga Gula Jelang Lebaran

Rizky Alika
29 Mei 2019, 15:05
Harga Bahan Pokok di Pasar, Kenaikan Harga Gula
Katadata/Arief Kamaludin
Pedagang tengah mengemasi gula pasir kedalam kantong plastik di pasar di kawasan Jakarta.

Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) Srie Agustina memantau pergerakan harga bahan pokok di Pasar Minggu, Jakarta Selatan dan Pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Hasilnya, Srie mencermati mulai ada kenaikan harga gula di pasar sebesar Rp 500 per kilogram (kg).

"Kami akan coba mengawal harga gula pasir karena harga gula pasir agak sedikit bergerak," kata dia di Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (29/4).

Advertisement

Menurutnya, kenaikan harga gula disebabkan oleh permintaan yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa dengan makanan atau minuman manis. 

Pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) gula sebesar Rp 12.500 per kilogram. Sementara saat ini, para pedagang di Pasar Minggu mulai menjual gula seharga Rp 13 ribu per kilogram. 

(Baca: Stok Bahan Pokok Terjaga, Mendag Harap selama Mei-Juni Terjadi Deflasi)

Namun, harga gula tersebut masih bisa ditawar hingga Rp 12.500 jika membeli dalam jumlah besar. “Jadi kalau menjual lebih banyak, mereka rela marginnya dikurangi karena volumenya besar,” ujarnya.

Serupa dengan yang terjadi di Pasar Minggu, harga gula di Pasar Jatinegara juga mulai naik Rp 500 kg. Namun berdasarkan pantauan katadata.co.id, ada pula pedagang di Jatinegara yang menjual gula seharga Rp 14 ribu per kilogram.

Sementara itu, berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), rata-rata harga gula pasir kualitas premium sebesar Rp 14.950 per kilogram. Sementara gula pasir lokal Rp 13.000 per kilogram. Adapun pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 96 Tahun 2018, harga gula dipatok sebesar Rp 12.500 per kilogram.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement