Menteri Pariwisata Ingin Kembangkan Serang jadi Kawasan Wisata Halal

Image title
Oleh Ekarina
29 Mei 2019, 21:31
Wisata Halal, Kementerian Pariwisata
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Kendaraan melintasi rest area di Masjid At Taqwa, Desa Munggangsari, Purworejo, Jawa Tengah, Jumat (10/5/19). Pemudik yang melintasi jalur Daendels dapat beristirahat disela-sela perjalanan dengan memanfaatkan rest area yang tersedia di sepanjang jalur tersebut seperti Masjid At-Taqwa Grabag.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berencana mengembangkan  kawasan Serang sebagai destinasi wisata halal. Adapun pertimbangannya, karena Serang dinilai memiliki latar belakang sejarah Islam.

“Serang yang mempunyai potensi sejarah dan budaya Islam yang kuat,” kata Arief, di sela kunjungan kerjanya di Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (28/5).

Tanara merupakan salah satu tempat bersejarah pengembangan Islam di Banten. Daerah tersebut merupakan tempat kelahiran Syekh Kyai Muhammad Nawawi Bin Umar pada 1813, yang memiliki 115 kitab berisikan ilmu Tauhid, Fiqh, dan Hadist serta menafsirkan kitab kuning.

(Baca: Lima Destinasi Wisata Halal versi Traveloka untuk Libur Lebaran)

Syekh Nawawi diketahui pernah menjadi Imam di Masjidil Haram, Arab Saudi dan menjadi guru Hasjim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

Dalam kunjungannya ke sana, Arief juga sempat menyambangi sejumlah destinasi di Tanara, seperti Masjid Agung Tanara, Pesantren An Nawawi, melihat cikal bakal pembangunan Islamic Center, dan Sungai Cidurian yang bakal direvitalisasi sebagai destinasi wisata Tirta Kali Mati.

"Kita tetapkan positioning Serang termasuk Banten adalah wisata halal, dengan adanya sejarah Syekh Nawawi. Untuk wisata halal sendiri, Indonesia sudah ada di peringkat nomor 1 dunia versi Indeks Wisata Halal yang diranking Cresscent Rating Mastercard, GMTI atau Global Muslim Travel Index 2019," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, digelar Rapat Bersama Pembahasan Kawasan Wisata Religi Syekh Nawawi Al Bantani, di Pendopo Kabupaten Serang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...