Lewat Cikampek, 74.496 Kendaraan Ditaksir Tinggalkan Jakarta Hari Ini

Image title
30 Mei 2019, 15:35
Pengerjaan infrastruktur di jalan Tol Jakarta-Cikampek
ANTARA FOTO | Risky Andrianto
Pengerjaan infrastruktur di jalan Tol Jakarta-Cikampek

PT Jasa Marga (Persero) TBK memprediksi, 74.496 kendaraan akan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama pada hari ini. Angka tersebut meningkat 159,7% dari volume normal sebanyak 23.484 kendaraan.

Peningkatan jumlah kendaraan yang melintas terjadi karena Kamis (30/5) bertepatan dengan Kenaikan Isa Al-Masih yang ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Selain itu, kombinasi dua rekayasa lalu lintas yakni contraflow dan one way mulai diberlakukan hari ini pada pukul 05.30 WIB untuk contraflow, sedangkan pukul 08.00 WIB untuk one way.

Rekayasa ini terbukti efektif dalam mencairkan kepadatan. Dalam waktu kurang dari dua jam sejak pemberlakuan one way kepadatan selepas GT Cikampek Utama pun terurai. Hingga siang ini antrean di GT Cikampek Utama terpantau normal.

(Baca: Aturan Satu Arah Tol Trans Jawa Diubah Jadi Cikampek Utama ke Brebes)

Namun, Jasa Marga mengimbau pengendara untuk tetap memperhatikan rambu-rambu lalu lintas, dan pastikan pengendara dan kendaraan dalam kondisi prima. "Jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan saldo uang elektronik Anda," dikutip dari keterangan pers Jasa Marga, Kamis (3/5).

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...