Para Tokoh Hadiri Dua Upacara Sebelum Pemakaman Ani Yudhoyono

Penulis: Muchamad Nafi

2/6/2019, 08.52 WIB

Menurut Zulkifli Hasan, Ani Yudhoyono seorang pekerja keras, Srikandi yang menjadi teladan dan inspirasi banyak orang.

Sejumlah tokoh berbelasungkawa atas meninggalnya Ani Yudhonono di Puri Cikeas
Antara | M.N. Kanwa
Sejumlah tokoh berbelasungkawa atas meninggalnya Ani Yudhonono di Puri Cikeas

Chief Communication Officer The Yudhoyono Institute Ni Luh Putu Caosa Indryani menyebutkan ada dua upacara menjelang pemakaman jenazah Ani Yudhoyono pada Minggu (2/5/2019). Pertama, upacara persemayaman jenazah istri Presiden Republik Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini. Kedua, upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata Jakarta.

Upacara persemayaman Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono, yang  meninggal di National University Hospital pada Sabtu siang kemarin, ini akan digelar di pendopo dengan inspektur upacara Ketua DPR Bambang Soesatyo setelah salat zuhur berjamaah dan salat jenazah. Sedangkan upacara pemakaman di TMP Kalibata Jakarta akan dipimpin Presiden Joko Widodo.

Sejak pukul 08.00 WIB, jenazah disemayamkan di Pendopo Cikeas Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jaw Barat untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin menyampaikan penghormatan terakhir.

Pagi ini sejumlah tokoh telah tiba di rumah duka Puri Cikeas. Beberapa tokoh nasional yang nampak antara lain mantan Menteri Perhubungan era SBY Freddy Numberi, Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra, dan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2005-2015 Din Syamsuddin.

(Baca: Jokowi Ajak Seluruh Masyarakat Mendoakan Almarhumah Ani Yudhoyono)

Para pelayat ditempatkan di sekitar area pendopo. Mereka menunggu giliran untuk bertakziah dengan keluarga almarhumah. Selain itu, kiriman karangan bunga ucapan bela sungkawa juga terus mengalir, berjajar sejak gerbang masuk Puri Cikeas hingga di depan kediaman SBY.

Ketua MPR Zulkilfi Hasan juga sudah datang. Demikian pula dengan Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dan musisi Dwiki Dharmawan.

Zulkifli Hasan mengenang sosok Ani Yudhoyono sebagai pekerja keras dan seorang srikandi yang menjadi teladan bagi semua orang. “Ibu Ani seorang pejuang, pekerja keras, ikhlas. Srikandi yang menjadi teladan dan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua,” kata Zulkifli.

(Baca: Berbela Sungkawa, Anies Sebut Ibu Ani Seorang Wanita yang Tangguh)

Dia mengatakan Ani Yudhoyono adalah sosok yang mencintai lingkungan dan menekankan persatuan. Zul berkomunikasi terakhir dengan Ani saat menjenguk ke Singapura.

Reporter: Antara

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan