Sosok dan Jasa Ani Yudhoyono di Mata Presiden Jokowi

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Happy Fajrian

2/6/2019, 19.37 WIB

"Bangsa Indonesia juga kehilangan sosok ibu negara yang penuh kasih sayang, pejuang kemanusiaan yang tulus, dan ibu dari keluarga panutan," ujar Jokowi.

Presiden Joko Widodo, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno, menyampaikan pidato duka cita atas meninggalnya Ani Yudhoyono, Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.
Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno, menyampaikan pidato duka cita atas meninggalnya Ani Yudhoyono, Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara penguburan almarhumah Ani Yudhoyono, istri Presiden RI Keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dalam pidatonya, Jokowi menyebut, bangsa Indonesia kehilangan salah seorang tokoh wanita terbaik karena meninggal dunia Sabtu (1/6) siang waktu Singapura.

Selain itu, Jokowi mengatakan, Bangsa Indonesia juga kehilangan sosok ibu negara yang penuh kasih sayang, pejuang kemanusiaan yang tulus, dan ibu dari keluarga panutan. "Yang senantiasa memberikan inpirasi dan teladan sebagai seorang ibu, istri, dan ibu negara," kata Jokowi di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6).

Jokowi mengatakan, kehadiran pelayat di TMP Kalibata tersebut untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ani Yudhoyono. Hal itu sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan negara dan pemerintah atas jasa, darma bakti, dan pengabdiannya kepada bangsa dan negara semasa hidupnya.

(Baca: Masih Perjalanan Pulang, Prabowo Takziah ke Cikeas Hari ini atau Besok)

Ani Yudhoyono yang lahir di Yogyakarta pada 6 juli 1952, disebut Jokowi, sepanjang hayatnya diabdikan diri untuk kepentingan bagsa dan negara. Sebagai Ibu Negara, Ani dinilai setia dalam suka-duka dalam melewati hari-hari yang tidak mudah dalam mendampingi Presiden Keenam SBY membangun bangsa dan negara.

Jokowi pun menilai, sepanjang hayatnya, Ani mendedikasi hidupnya kepada nilai-nilai kemanusiaan. Ani dinilai aktif memberantas buta huruf, mengembangkan kerajinan tangan nasional, termasuk memberdayakan dan menyejahterakan keluarga, terutama kaum wanita dan anak-anak.

"Selain itu, Beliau juga aktif memberikan layanan kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup dan budaya," kata Jokowi.

Untuk itu, Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengucapkan terima kasih dan penghormatan yang tinggi atas darma bakti Ani Yudhoyono kepada bangsa dan negara. Selain itu, Jokowi juga mengajak seluruh rakyat mendoakan Ani agar diterima dan diberikan tempat yang baik di samping Allah dan khusnul khotimah.

(Baca: Almarhumah Ani Yudhoyono Akan Dimakamkan di TMP Kalibata)

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha