Kemenhub Siapkan Beberapa Strategi Hadapi Puncak Arus Balik Lebaran

Image title
8 Juni 2019, 09:00
Kemenhub, Menhub, arus balik, strategi arus balik
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Kendaraan pemudik terjebak macet di Tol Cikampek, Jawa Barat, Jumat (7/6/2019). Pada H+2 lebaran, Tol Cikampek mulai dipadati kendaraan pemudik yang akan kembali ke Jakarta.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan beberapa strategi untuk mengantisipasi kepadatan pada arus balik Libur Lebaran 2019. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, ada beberapa diskresi untuk menghadapi arus balik.

Dalam keterangan resminya, Budi menyebut salah satu diskresi untuk menghadapi arus balik adalah mengatur penggunaan rest area. Pengaturan diperlukan lantaran selama arus mudik, rest area menjadi salah satu penyebab kepadatan lalu lintas.

Advertisement

Terakit diskresi pengaturan rest area, Budi mengimbau agar para pengendara tidak berhenti di rest area, kecuali keadaan mendesak.

"Jika jarak tempuh mencapai 6 jam dan kondisi badan atau tingkat kebugarannya maksimal maka mereka tidak perlu berhenti. Kalaupun harus berhenti tapi sebentar saja," kata Budi dalam keterangan resmi Kemenhub, Jumat (7/6).

Sementara, Korlantas Polri menganjurkan, agar pengendara menggunakan rest area di sisi jalur sebelah kanan pada saat pemberlakuan sistem satu arah (one way) pada arus balik.

Selain pengaturan rest area, diskresi lain yang dilakukan adalah penerapan one way yang telah diberlakukan sejak Jumat (7/6) pukul 14.05 WIB dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 GT Cikampek Utama.

(Baca: Konsumsi BBM Naik 36% Saat Puncak Mudik, Pertamina Siaga Arus Balik)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement