Eksibisi Industri Gim Terbesar Indonesia Game Prime 2019 Digelar Juli

Penulis: Michael Reily

Editor: Martha Ruth Thertina

12/6/2019, 17.07 WIB

Ajang tersebut akan menyajikan gim dari developer lokal yang bisa dimainkan hingga kompetisi esports.

Bekraf Game Prime 2019 digelar Juli
www.gameprime.org
Suasana eksibisi pada Bekraf Game Prime 2018.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) akan menggelar ajang eksibisi industri gim terbesar di Indonesia bertajuk Bekraf Game Prime 2019. Ajang ini bakal berlangsung pada 12 Juli hingga 14 Juli 2019.

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa menyatakan Bekraf Game Prime merupakan ajang berkumpul para pengembang, penerbit, investor, serta konsumen gim di Indonesia. Tahun ini merupakan tahun keempat penyelenggaraan ajang tersebut.

Bekraf menyelenggarakan ajang ini sebagai upaya pengembangan industri gim lokal. Apalagi, Indonesia adalah pasar gim terbesar ke-16 di dunia. “Saya berharap produk-produk game lokal dapat berkembang cepat mengikuti tren dan bersaing sampai ke tingkat global,” kata Hari dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Rabu (12/6).

(Baca: Putaran Bisnis Esports Rp 9,8 Triliun, Peran Gim Lokal Masih Minim)

Dalam catatan Bekraf, jumlah pemain gim di dalam negeri sebanyak 43,7 juta orang, dan semakin bertambah sejalan popularitas e-Sport di Indonesia. Berdasarkan data Newzoo, pendapatan industri gim Indonesia mencapai US$ 879,7 juta atau sekitar Rp 13 triliun pada tahun lalu.

Adapun berdasarkan survei AppAnnie dan Newzoo, Virtual Reality, Augmented Reality, Mixed Reality (MR), eSports dan serious games adalah masa depan industri gim. Bisnis ini tumbuh dengan cepat dan terus membesar dari tahun ke tahun.

(Baca: Gim Serial Game of Thrones Raup Rp 275 Miliar dalam Sebulan)

Bekraf Game Prime 2019 bakal berlangsung di Hotel Ayana Midplaza pada 12 Juli 2019 untuk sesi Business Day. Kemudian, acara berlanjut di Balai Kartini Jakarta pada 13-14 Juli 2019 untuk sesi Public Day, dengan konsep eksibisi yang siap menghibur pemain gim Indonesia.

Ajang tersebut akan menyajikan gim dari developer lokal yang bisa dimainkan. Kemudian, Board Game dan gim Virtual Reality serta Augmented Reality yang bisa dicoba secara gratis. Selain itu, kompetisi esports.

(Baca: WHO Tetapkan Kecanduan Gim sebagai Gangguan Medis)

Tahun lalu, Bekraf Game Prime sukses mencatatkan sejarah dengan pengunjung mencapai 16 ribu orang dalam waktu tiga hari penyelenggaraan. Bekraf pun berharap, kalangan industri dan masyarakat yang berpartisipasi dalam ajang ini bisa memperkaya informasi mengenai tren industri gim.

Bekraf Game Prime dibuka secara umum dan gratis. Tiket Bekraf Game Prime 2019 bisa didapatkan dengan mengunjungi link https://bit.ly/bgp2019public.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan