Menteri Rini Klaim Keuntungan BUMN Tumbuh 39,8% Selama Kepemimpinannya

Image title
13 Juni 2019, 14:07
bumn masuk daftar forbes, keuntungan bumn 2018, rini soemarno
Arief Kamaludin|Katadata
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengklaim selama kepemimpinannya keuntungan BUMN naik lebih dari 39,8%.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengklaim selama kepemimpinannya keuntungan BUMN naik lebih dari 39,8%. Pada saat Rini ditunjuk sebagai Menteri BUMN pada 2014 lalu, keuntungan BUMN sebesar Rp 143 triliun.

"Dengan kerja keras seluruh insan BUMN, pada 2018 untungnya di atas Rp 200 triliun," kata Rini melalui siaran resmi yang diterima Katadata.co.id pada Kamis (13/6).

Advertisement

Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia periode 2001-2004 itu mengatakan, kinerja positif ini akan dijaga dan ditingkatkan agar BUMN dapat terus melayani negeri. "Termasuk juga memperkuat peran BUMN sebagai agen pembangunan," ujarnya.

Berdasarkan kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah tahun lalu, ada empat BUMN yang masuk dalam daftar perusahaan publik terbesar di dunia pada 2019 versi majalah Forbes. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menempati posisi 363. Bank ini tercatat memiliki kapitalisasi pasar (market cap) senilai US$ 38,8 miliar.

Didirikan pada 1895, Bank BRI fokus membiayai sektor mikro dan ritel, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pendapatan BRI tahun lalu mencapai US$ 9,4 miliar, perolehan laba US$ 2,3 miliar, dan aset US$ 90,2 miliar.

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) masuk dalam posisi 481. Bank pelat merah ini banyak beroperasi di sektor korporasi, komersial, serta bisnis. Bank Mandiri mencatatkan pendapatan senilai US$ 8 miliar, dengan perolehan laba USD$ 1,8 miliar, dan aset mencapai US$ 83,6 miliar. Adapun nilai kapitalisasi pasarnya sebesar US$ 25,9 miliar.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement