Industri Alat Militer AS Hadapi Risiko Pembatasan Rare Earth Tiongkok

Martha Ruth Thertina
17 Juni 2019, 18:39
Pembatasan ekspor rare earth tiongkok, perang dagang
Budastock/123rf
Industri alat militer Amerika Serikat (AS) menghadapi risiko pembatasan ekspor rare earth atau logam tanah jarang oleh Tiongkok.

Industri alat militer Amerika Serikat (AS) menghadapi risiko pembatasan ekspor rare earth atau logam tanah jarang oleh Tiongkok. Risiko ini disampaikan Global Times, koran yang diterbitkan oleh People’s Daily milik Partai Komunis yang berkuasa.

Channel News Asia memberitakan, Global Times mengungkap risiko tersebut setelah Juru Bicara Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional (NDRC) Tiongkok mengatakan akan mempelajari dan sesegera mungkin menerbitkan kebijakan yang relevan terkait logam tanah jarang.

Advertisement

Global Times melaporkan informasi tersebut melalui akun Twitter resminya dengan mengutip sumber di kalangan industri Tiongkok. Baru-baru ini, NDRC memang mengadakan tiga simposium tentang logam tanah jarang untuk mendengar pandangan ahli industri, termasuk soal pengendalian ekspor komoditas tersebut.

(Baca: Balas Trump, India Kerek Tarif 28 Produk Amerika Serikat)

Berdasarkan transkrip komentar dari Juru Bicara NDRC Mei Wei, ahli industri bukan hanya mengusulkan pengendalian ekspor, tapi juga percepatan industri hilir dan mekanisme penelusuran untuk setiap ekspor logam tanah jarang.

Mei sendiri menyinggung soal keamanan nasional ketika berbicara tentang rencana kebijakan tersebut. Mei menyatakan, pemerintah menentang segala upaya penggunaan produk dari hasil ekspor logam tanah jarang Tiongkok yang ditujukan menekan pembangunan Negeri Tirai Bambu.

Pemerintah Tiongkok juga akan meningkatkan upaya dalam memerangi penambangan logam tanah jarang ilegal dan mempromosikan pengembangan industri logam tanah jarang secara ramah lingkungan.

(Baca: Huawei Tunda Peluncuran Ponsel Lipat Mate X, Bantah Imbas Sanksi AS)

Tiongkok merupakan produsen besar logam tanah jarang. Mineral tersebut dibutuhkan untuk produksi peralatan militer seperti mesin jet, satelit sistem pengarah misil, dan laser, hingga peralatan elektronik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement