Kemenpar Gencar Mengembangkan Program Homestay Desa Wisata

Michael Reily
17 Juni 2019, 14:07
Kemenpar, homestay, Homestay Desa Wisata
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Kawasan hunian untuk wisatawan yang berada di tepi Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatera Utara, Selasa (4/4). Sejak 2016 Danau Toba dicanangkan sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional yang menjadi prioritas Kementerian Pariwisata untuk dikembangkan.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggencarkan program desa untuk homestay sebagai fasilitas untuk wisatawan di lokasi pariwisata.

Sebagai salah satu program prioritas, Homestay Desa Wisata disebut menjadi jawaban atas pemenuhan amenitas dalam bentuk akomodasi dan penginapan.

Advertisement

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Homestay Desa Wisata Anneke Prasyanti mengungkapkan, pemanfaatan hunian yang sudah ada memberikan dampak ekonomi langsung ke masyarakat desa. Kegiatan pengelolaan homestay menurut Kemenpar akan mampu mendukung kebutuhan amenitas untuk target 20 juta wisatawan masuk ke Indonesia pada tahun 2019.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pariwisata, tata kelola destinasi pariwisata, dan kapasitas masyarakat pelaku usaha pariwisata”, ujar Anneke dalam keterangan resmi Kemenpar, Senin (17/6).

Ia menambahkan, Indonesia memiliki potensi keberagaman hunian yang lebih banyak daripada negara-negara Asia Tenggara lain, sehingga dapat menjadi aset pariwisata. Oleh karena itu, masyarakat harus melestarikan budaya sebagai nilai jual yang terus terjaga kelestariannya.

Anneke menjelaskan, nilai unik Homestay Desa Wisata adalah pengalaman yang berbeda daripada hotel, yaitu konsep home-sharing, tinggal dengan penduduk, melakukan aktivitas bersama-sama. Nah, hal ini ia katakan sedang menjadi trend di dunia saat ini.

Untuk mendukung program ini, melalui Tim Percepatan Pengembangan Homestay Desa Wisata, Kemenpar menyiapkan buku panduan pengembangan homestay yang menggunakan standar Asia Tenggara untuk edukasi masyarakat pelaku usaha.

(Baca: Kunjungan Wisman di Bawah Target, Kemenpar Optimalkan 4 Strategi)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement