Pemerintah Perbaiki Akses Jalan di Sulawesi yang Terputus Imbas Banjir

Image title
19 Juni 2019, 09:58
Kementerian PUPR Banjir Sulawesi
ANTARA FOTO/JOJON
Ilustrasi, Warga melihat jembatan Ameroro yang menjadi akses jalan trans sulawesi yang rusak akibat banjir bandang di Desa Ameroro, Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (10/6/2019). Sungai Konaweha meluap akibat banjir bandang menyebabkan akses jalan trans sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Tenggara-Sulawesi Selatan terputus. Kini, akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara menuju Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah sudah bisa dilalui

Akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara menuju Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah sudah bisa dilalui. Sebelumnya, masyarakat tidak bisa melalui jalan ini karena beberapa jembatan rusak akibat banjir.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun memperbaiki Jembatan Asera yang berada di Asera Konut. Perbaikan itu dilakukan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kepala BPJN XXI Kendari Yohanis Tulak Todingrara menyampaikan, instansinya memasang jembatan bailey sepanjang 30 meter. "Kapasitas beban maksimal jembatan bailey tersebut delapan ton dan kini bisa dilewati empat kendaraan roda empat satu arah secara bergantian," kata dia dalam siaran perse, kemarin (18/6).

(Baca: Trans Sulawesi Sulteng-Sultra Lumpuh Akibat Banjir Robohkan Jembatan)

Selain Asera, BPJN memperbaiki Jembatan Rahabangga di Desa Uepai, Kabupaten Konawe. Oprit Jembatan Rahabangga sempat tergerus akibat banjir, sehingga tidak bisa digunakan. Padahal, jembatan ini menjadi penghubung Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka Timur.

Saat ini, BPJN masih memperbaiki Jembatan Woimendaa sepanjang 50,2 meter di Kabupaten Kolaka. Jembatan ini merupakan bagian dari Jalan Trans Sulawesi menuju Sulawesi Selatan. Oprit dan abutment Jembatan Woimendaa tergerus debris banjir. Pemerintah pun sudah didatangkan alat berat untuk menimbun oprit dan memperbaiki abutment sejak 11 Juni lalu.

Kementerian PUPR melakukan mobilisasi rangka jembatan bailey  ada gudang peralatan di Citeureup, Bogor untuk dikirimkan ke Sulawesi Tenggara. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki infrastruktur jalan yang rusak akibat banjir di wilayah tersebut.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...