GDP Venture Pimpin Pendanaan Startup Kecerdasan Buatan Prosa.ai

Michael Reily
20 Juni 2019, 14:25
prosa ai, gdp venture, startup
Katadata | Muchamad Nafi
Ilustrasi kecerdasan buatan (artificial intelligence) atau robot. Startup berbasis AI Prosa.ai akan mendapatkan pendanaan strategis dari GDP Venture.

PT Global Digital Prima (GDP) Venture mengumumkan pendanaan strategis seri A kepada startup berbasis kecerdasan buatan atau artifical intelligence (AI), Prosa.ai.

GDP Venture juga merupakan investor tahap seed-funding kepada Prosa.ai yang fokus pada teknologi pemrosesan teks (natural language processing) dan suara (speech) dalam Bahasa Indonesia. 

Prosa.ai berdiri sejak 2018 oleh Ayu Purwarianti, Dessi Puji Lestari, dan Teguh Eko Budiarto. Dalam waktu satu tahun, startup ini berhasil memiliki lebih dari 20 orang data scientist AI, 16 orang data annotators, produk teknologi proses teks dan suara, serta layanan data dan jasa.

Chief Executive Officer (CEO) GDP Venture Martin Hartono menyatakan Prosa.ai mampu mengembangkan teknologi dalam waktu singkat meski jumlah sumber daya manusia terbatas. Dia mengungkapkan teknologi AI sedang berkembang menunjang industri lain.

“Sehingga berinvestasi pada teknologi AI merupakan suatu investasi strategis untuk kami yang juga diharapkan dapat berpartisipasi dalam kemajuan teknologi di Indonesia,” kata Martin dalam keterangan resmi yang diterima Katadata.co.id, Kamis (20/6).

(Baca: Luncurkan Produk Baru, CoHive Dapat Modal Rp 193 Miliar)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...