Harga Emas Melonjak ke Level Tertinggi dalam Lima Tahun Terakhir

Martha Ruth Thertina
20 Juni 2019, 18:22
Harga emas hari ini, harga emas naik
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petugas menunjukkan imitasi emas logam mulia produk PT Aneka Tambang (Antam) yang dipamerkan di gerai Antam dalam sebuah pameran di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (9/9).

Harga emas dunia melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari lima tahun setelah bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed), memberikan sinyal pemangkasan bunga acuan. Harga emas semakin mendekati US$ 1.400 per ounce.  

Mengutip Bloomberg, harga emas untuk pengiriman segera sempat mencapai US$ 1.394 per ounce atau melonjak 2,5% dibandingkan perdagangan sebelumnya. Ini merupakan level tertinggi sejak September 2013. Adapun harga emas Comex tercatat sempat menyentuh US$ 1.397 untuk kontrak Agustus 2019.

Harga emas melonjak pada bulan ini seiring meningkatnya permintaan akan safe haven dari investor yang khawatir akan pelemahan ekonomi global. Kekhawatiran tersebut lantaran memanasnya perang dagang antara AS dan Tiongkok. Ditambah lagi, kebijakan dovish The Fed.

(Baca: Risiko Global Meningkat, Harga Emas Berpotensi Terus Menanjak)

Dalam pernyataan terbarunya, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan pembicaraan dagang mengarah ke ketidakpastian yang lebih besar. Banyak pejabat The Fed melihat bahwa kebutuhan akan kebijakan yang lebih akomodatif semakin menguat. Ini dimaknai investor sebagai sinyal pemangkasan bunga acuan.

Berdasarkan catatan Bloomberg, pelonggaran dan stimulus moneter yang dijalankan AS sebelumnya terbukti membantu mendongkrak harga emas. Harga emas naik hampir 20% ketika suku bunga AS turun pada 2007-2008.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...