Harga FOB Turun, Ekspor Minyak Sawit Merosot Hingga Akhir Tahun

Rizky Alika
20 Juni 2019, 12:08
ekspor minyak sawit, Gapki, harga minyak sawit 2019
Arief Kamaludin|KATADATA
Petani memanen buah kelapa sawit di salah satu perkebunan kelapa sawit di Desa Delima Jaya, Kecamatan Kerinci, Kabupaten Siak, Riau. Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memperkirakan ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) secara bulanan akan menurun hingga akhir 2019.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memperkirakan ekspor minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO) secara bulanan akan menurun hingga akhir tahun ini. Penurunan ekspor itu disebabkan oleh harga freight on board (FOB) CPO yang sedang anjlok.

"Value-nya akan turun walau secara tonase (volume) meningkat, tapi siap-siap dengan angka yang secara value ekspor bulanan akan turun lumayan," kata Wakil Ketua Umum Gapki Urusan Perdagangan dan Keberlanjutan Togar Sitanggang di Kantor Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (19/6).

Menurut dia, penurunan itu disebabkan oleh jatuhnya harga FOB CPO yang saat ini sekitar US$ 470 per Metric Tonnes (MT) dan minyak sawit RBD (refinedbleached, and deodorized) olein di kisaran US$ 500 per MT. Harga ini diperkirakan bertahan hingga akhir tahun. 

Togar mengatakan, langkah antisipasi sudah dilakukan, seperti mandatori biodiesel sebesar 30% (B30). Namun, B30 baru diberlakukan pada 2020 mendatang sehingga dampaknya terhadap harga CPO baru terlihat pada akhir tahun ini. "Dan akhir tahun, harganya naik cuma sedikit, tidak pengaruh ke keseluruhan ekspor," ujarnya.

(Baca: Jonan Ancam Terapkan DMO Sawit Bila Suplai Bahan Baku B30 Tak Lancar)

Ia pun memperkirakan, kenaikan volume ekspor dapat mencapai 10% (year on year) hingga akhir tahun ini. Sementara, dari sisi pasar, ia berharap harga CPO yang lebih murah dapat menarik minat pasar, seperti Eropa.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...