Promosi di Dua Kota, Pemerintah Incar Kedatangan Wisatawan Rusia

Michael Reily
20 Juni 2019, 12:25
Kawasan hunian untuk wisatawan yang berada di tepi Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatera Utara, Selasa (4/4). Sejak 2016 Danau Toba dicanangkan sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional yang menjadi prioritas Kementerian Pariwisata un
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Kawasan hunian untuk wisatawan yang berada di tepi Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatera Utara, Selasa (4/4). Sejak 2016 Danau Toba dicanangkan sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional yang menjadi prioritas Kementerian Pariwisata untuk dikembangkan.

Pemerintah mencoba menarik turis asal Rusia untuk wisata di Indonesia. Kementerian Pariwisata mempromosikan Wonderful Indonesia di dua kota besar, Moscow dan St. Petersburg.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Nisaya menyatakan jumlah wisatawan mancanegara Rusia semakin besar dan pertumbuhannya pesat. "Banyak yang sudah sampai Thailand dan Vietnam, maka ini saatnya menarik mereka ke Indonesia," kata Nia dalam keterangan resmi, Kamis (20/6).

Dia menjelaskan, promosi Wisata di Rusia dilakukan melalui melalui channel digital serta pengemasan bus-bus pariwisata. Menurut Kementerian Pariwisata, Moscow dan St. Petersburg adalah tujuan banyak wisatawan asal Rusia untuk Wonderful Indonesia.

Dia menambahkan, pemilihan Moscow dan St. Petersburg sebagai lokasi promosi karena menjadi dua kota sentral di Rusia. Selain itu, kedua kota adalah tempat yang besar serta populasinya padat.

(Baca: Kemenpar Gencar Mengembangkan Program Homestay Desa Wisata)

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia pada 2018 mencapai 125.728 orang, terjadi peningkatan sebesar 6.97% daripada tahun 2017 yang sebesar 117.532 orang.

Nia menuturkan, pertumbuhan kunjungan wisatawan asal Rusia ke Indonesia termasuk yang tertinggi di antara negara-negara Eropa. "Kami melihat potensi pasar ini masih cukup besar, kami akan upayakan menggenjotnya dengan maksimal,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...