Promosi di Dua Kota, Pemerintah Incar Kedatangan Wisatawan Rusia

Michael Reily
20 Juni 2019, 12:25
Kawasan hunian untuk wisatawan yang berada di tepi Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatera Utara, Selasa (4/4). Sejak 2016 Danau Toba dicanangkan sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional yang menjadi prioritas Kementerian Pariwisata un
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Kawasan hunian untuk wisatawan yang berada di tepi Danau Toba, Pulau Samosir, Sumatera Utara, Selasa (4/4). Sejak 2016 Danau Toba dicanangkan sebagai salah satu dari 10 kawasan strategis pariwisata nasional yang menjadi prioritas Kementerian Pariwisata untuk dikembangkan.

Pemerintah mencoba menarik turis asal Rusia untuk wisata di Indonesia. Kementerian Pariwisata mempromosikan Wonderful Indonesia di dua kota besar, Moscow dan St. Petersburg.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Nisaya menyatakan jumlah wisatawan mancanegara Rusia semakin besar dan pertumbuhannya pesat. "Banyak yang sudah sampai Thailand dan Vietnam, maka ini saatnya menarik mereka ke Indonesia," kata Nia dalam keterangan resmi, Kamis (20/6).

Dia menjelaskan, promosi Wisata di Rusia dilakukan melalui melalui channel digital serta pengemasan bus-bus pariwisata. Menurut Kementerian Pariwisata, Moscow dan St. Petersburg adalah tujuan banyak wisatawan asal Rusia untuk Wonderful Indonesia.

Dia menambahkan, pemilihan Moscow dan St. Petersburg sebagai lokasi promosi karena menjadi dua kota sentral di Rusia. Selain itu, kedua kota adalah tempat yang besar serta populasinya padat.

(Baca: Kemenpar Gencar Mengembangkan Program Homestay Desa Wisata)

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia pada 2018 mencapai 125.728 orang, terjadi peningkatan sebesar 6.97% daripada tahun 2017 yang sebesar 117.532 orang.

Nia menuturkan, pertumbuhan kunjungan wisatawan asal Rusia ke Indonesia termasuk yang tertinggi di antara negara-negara Eropa. "Kami melihat potensi pasar ini masih cukup besar, kami akan upayakan menggenjotnya dengan maksimal,” ujarnya.

Promosi pada open great bus dengan pengemasan destinasi wisata Indonesia untuk terpasang di bus-bus termasuk foto destinasi Bali, Jawa Tengah, Banyuwangi, dan Jawa Timur. Promosi berlangsung selama sebulan, sejak 15 Juni bakal berakhir pada 14 Juli.

Di Moskow, open great bus bergambar destinasi Indonesia melalui rute Bolotnaya Square, Arbatskaya Square, Sivtsev Vrazhek lane, Vozdvizhenka Street, Smolenskaya Square, Borodino Bridge, Taras Shevchenko emb. Ukraine Hotel, Novinsky Boulevard, Arbat Gates, Alexander Garden, Okhotny Ryad, GUM, dan Lubyanka Square.

(Baca: Jokowi Buka Pawai Pesta Kesenian Bali, Ajang Promosi Pulau Dewata)

Sementara itu, open great bus menyusuri Saint Petersburg punya jalur St. Isaac’s Cathedral, Palace Square, Kazan Cathedral, Anichkov Palace, Vosstaniya Square, Eliseyev Brothers Emporium, Arts Square, Summer Garden, Eternal Flame, Palace Embankment, dan Bronze Horseman.

Namun, promosi St. Petersburg berlangsung lebih lama, dari 15 Juni hingga 31 Juli 2019. Destinasi yang dipasang di open great bus menggambarkan lokasi Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Raja Ampat.

Kementerian Pariwisata juga sempat mempromosikan Wonderful Indonesia dengan cara serupa saat ajang Piala Dunia 2018. Selain itu, untuk Piala Dunia Wanita 2019 di Paris, Prancis juga sedang dalam tahap promosi.

Nia menilai langkah promosi cukup efektif karena fokus publik di seluruh dunia sedang terpusat. Apalagi, ribuan media dari ratusan negara menyorotkan kameranya ke Rusia sebagai tuan rumah acara.

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...