Kesepakatan Blok Masela Dapat Memicu Peningkatan Investasi Migas Asing

Image title
25 Juni 2019, 07:00
blok masela, invetasi migas indonesia, skk migas
Arief Kamaludin | Katadata
ilustrasi, pembahasan persiapan revisi POD Blok Masela. Pemerintah menargetkan persetujuan revisi rencana pengembangan (PoD) Blok Masela di akhir Juli 2019.

Pencapaian revisi Rencana Pengembangan (PoD) LNG Abadi Blok Masela diharapkan bisa memicu ketertarikan investor global untuk berinvestasi di sektor migas Indonesia. Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan, persetujuan PoD yang dijawalkan pada 27 Juni nanti membuktikan investasi migas nasional tidak redup.

Terlebih lagi investasi Masela cukup besar hingga US$ 20 miliar. Ini menunjukkan iklim investasi Indonesia tetap menarik bagi investor.  “Apalagi proyek itu ada di Indonesia bagian timur. Selain itu, Proyek LNG Lapangan Abadi juga istimewa karena berada di laut dalam,” katan Dwi seperti dikutip berdasarkan keterangan tertulis, Senin (24/6).

Dwi menilai, realisasi investasi Inpex di Blok Masela tidak hanya berkontribusi pada peningkatan produksi migas nasional, tetapi juga mendorong efek bergulir, seperti peningkatan tenaga kerja, munculnya industri pendukung, hingga potensi eksplorasi di sekitar Blok Masela.

Investasi Inpex di Blok Masela juga merupakan Foreign Direct Investment (FDI) terbesar dalam suatu proyek sepanjang sejarah Republik Indonesia. Ini menunjukkan iklim investasi di Indonesia masih sangat kondusif dan diharapkan dapat mendorong investor lainnya untuk berinvestasi di Indonesia.

(Baca: Tanda Tangan HoA Dinilai Langkah Maju Pengembangan Blok Masela)

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro mengungkapkan, rampungnya pembahasan rencana pengembangan terjadi setelah Inpex mendapatkan kepastian keekonomian atas proyek LNG Abadi Blok Masela.  Dengan begitu diharapkan pengembangan Blok Masela bisa membawa sentimen positif bagi investasi migas Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...