Menang Suara Pileg, Puan Klaim Dirinya Calon Kuat Ketua DPR

Dimas Jarot Bayu
25 Juni 2019, 18:01
Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri (tengah) bersama putrinya Puan Maharani (kiri) dan putranya Muhammad Prananda Prabowo (kedua kanan) menunjukkan jarinya yang telah dicelup tinta seusai menggunakan hak pilihnya
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri (tengah) bersama putrinya Puan Maharani (kiri) dan putranya Muhammad Prananda Prabowo (kedua kanan) menunjukkan jarinya yang telah dicelup tinta seusai menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 62, Kebagusan, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Ketua DPP (non-aktif) PDIP Puan Maharani mengklaim dirinya merupakan salah satu calon kuat Ketua DPR. Sebab, PDIP merupakan partai pemenang dalam Pileg 2019.

Selain itu, Puan meraih suara terbanyak dalam kontestasi antarcalon anggota DPR tahun ini. Puan diketahui meraih 404.304 suara dalam Pileg 2019.

Suara yang diperoleh Puan tak hanya tertinggi di daerah pemilihannya, yakni Jawa Tengah V. Perolehan suara Puan bahkan menjadi yang paling tinggi di seluruh dapil se-Indonesia.

“Dengan proses Pemilu yang lalu juga alhamdulillah saya bisa kemudian mendapatkan suara terbanyak nasional. Ya mungkin bisa jadi salah satu calon (Ketua DPR) yang kuat,” kata Puan di Jakarta, Selasa (25/6).

Bagaimanapun, Puan menyerahkan keputusan terkait sosok yang akan menjadi Ketua DPR kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sebagai pemimpin partai, Puan menilai Megawati lah yang memiliki hak menentukan siapa sosok tepat menduduki kursi orang nomor satu di Senayan tersebut.

(Baca: Gelar Rakernas, PDIP Bahas Agenda Internal Partai)

Terlebih, Puan mengaku belum mengetahui siapa saja sosok lain yang berpotensi menjadi Ketua DPR. Puan mengatakan, keputusan dari Megawati terkait sosok yang menjabat sebagai Ketua DPR baru akan disampaikan tiga bulan mendatang. “Masih menunggu September,” kata Puan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...