Neraca Dagang Surplus Dorong Kurs Rupiah Semakin Perkasa

Agatha Olivia Victoria
25 Juni 2019, 15:28
nilai tukar rupiah hari ini, nilai tukar rupiah menguat seiring surplus neraca dagang dan ekspektasi penurunan bunga The Fed
Donang Wahyu|KATADATA
Nilai tukar rupiah sempat menyentuh level Rp 14.104 per dolar AS pada Selasa (25/6) siang, menguat 1,6% dalam sepekan.

Penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang berlangsung sejak Selasa (18/6) pekan lalu, terus berlanjut. Pada perdagangan di pasar spot Selasa (25/6) siang, nilai tukar rupiah berada di posisi 14.104 per dolar AS. Ini artinya rupiah menguat 1,63% dalam sepekan perdagangan.

Ekonom Universitas Indonesia Telisa Aulia Fanty mengatakan nilai tukar rupiah menguat seiring terus mengalirnya arus masuk modal asing ke pasar keuangan domestik. Penyokong terbarunya, yakni perbaikan neraca dagang Indonesia. Perbaikan ini diyakini memperkuat kepercayaan investor terhadap perekonomian dalam negeri.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca dagang surplus US$ 210 juta pada Mei, berbanding terbalik dari defisit US$ 2,5 miliar pada April. "Penguatan rupiah ini tentunya dipengaruhi neraca dagang kita yang membaik dan surplus," kata Telisa kepada Katadata.co.id, Selasa (25/6).

(Baca: Kendati Neraca Dagang Surplus, Pelemahan Ekspor Masih Membayangi)

Mengacu pada data RTI, investor asing tercatat membukukan pembelian bersih saham sebesar Rp 2,4 triliun dalam sebulan perdagangan. Sedangkan berdasarkan data Kementerian Keuangan per 20 Juni lalu, kepemilikan asing meningkat Rp 16,65 triliun sepanjang Juni.

Selain pengaruh neraca dagang, Telisa mengatakan, berlanjutnya arus masuk modal asing seiring ekspektasi penurunan suku bunga oleh bank sentral AS (The Fed). Terhentinya kenaikan atau bahkan penurunan suku bunga AS bisa meningkatkan daya tarik aset keuangan di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...