Stok Beras Capai 2,3 Juta Ton, Kementan Tak Takut Ancaman Kekeringan

Agatha Olivia Victoria
25 Juni 2019, 09:00
kekeringan 2019, musim kemarau, amran sulaiman, bulog
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi. Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, tak takut dengan berkurangnya curah hujan dan kemungkinan datangnya musim kemarau panjang yang bisa merusak hasil pertanian tahun ini.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, tak takut dengan berkurangnya curah hujan dan kemungkinan datangnya musim kemarau panjang yang bisa merusak hasil pertanian tahun ini. Ia mengatakan, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyiapkan infrastruktur pendukung bagi para petani.

"Kami sudah siapkan infrastruktur seperti irigasi, pompa, dan seterusnya. Produksi aman pokoknya," kata dia di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (24/6/2019). Infrastruktur tersebut dinilai dia sudah dipersiapkan sejak empat tahun lalu dan bisa langsung digunakan setiap musim kemarau.

Ia juga memastikan stok beras aman. Terdapat 2,3 juta ton stok beras di Perum Bulog. "Pokoknya stok beras Bulog aman dan banyak, ada 2,3 juta ton di Bulog," ucap Amran. Selain itu, ia turut menjelaskan bahwa proses produksi beras hingga saat ini aman terkendali.

Selain itu, Amran juga mengklaim, pihaknya telah bekerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memberikan informasi dan dan edukasi peringatan dini saat terjadi kekeringan kepada para petani. Tak hanya itu, beberapa petani sudah mendapatkan pelatihan soal pemahaman informasi iklim yang teraplikasi pada pertanian dalam program Sekolah Lapang Iklim (SLI) BMKG-Kementan.

Sebagai informasi, Program SLI sudah dimulai sejak tahun 2011. Hingga saat ini. tujuh ribu petani atau kelompok tani sudah menyandang status alumni SLI.

(Baca: Guru Besar IPB: Produksi Padi Berpotensi Turun Tahun Ini)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...