Ada 43 Perusahaan Cari Dana di Pasar Modal, Targetnya Rp 29,9 Triliun

Image title
28 Juni 2019, 06:49
ojk, pasar modal,
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Suasana Bursa Efek Indonesia. Dalam pipeline OJK sebanyak 43 perusahaan siap melantai di bursa melalui berbagai skema antara lain penawaran saham perdana atau IPO, penerbitan obligasi atau sukuk, dan rights issue.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, per 24 juni 2019, sudah ada 43 perusahaan yang sedang dalam proses untuk masuk ke pasar modal dalam negeri tahun ini. Nilai total indikatif dari perusahaan-perusahaan yang masuk dalam pipeline penawaran umum, senilai Rp 29,91 triliun.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan, penawaran umum tersebut terdiri dari pencatatan perdana saham (initial public offering/IPO), rights issue, dan obligasi maupun sukuk.

"Ada 25 perusahaan yang siap IPO tahun ini dengan nilai indikatif senilai Rp 3,03 triliun," kata Wimboh dihadapan Anggota DPR-RI Komisi XI dalam Rapat Dengar Pendapatan (RDP) di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (27/6).

Lebih lanjut Wimboh menjelaskan, total ada 4 perusahaan yang siap melakukan rights issue alias Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Nilai indikatif dari penerbitan rights issue hingga akhir tahun ini mencapai Rp 13,19 triliun.

(Baca: Nilai IPO Tahun Ini Kecil, BEI Lihat Tren Baru Perusahaan Masuk Bursa)

Sementara itu perusahaan yang sudah masuk dalam pipeline OJK untuk melakukan aksi penerbitan obligasi maupun sukuk ada 14 perusahaan. Total nilai indikatif dari penerbitan obligasi dan sukuk oleh perusahaan-perusahaan tersebut mencapai Rp 13,7 triliun.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...