Jokowi Adakan Pertemuan dengan Pemimpin Korsel dan Tiongkok di KTT G20

Michael Reily
28 Juni 2019, 14:18
Jokowi Bertemu Pemimpin Korsel dan Tiongkok di G20, Jokowi ke Jepang KTT G20
Laily Rachev | Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menghadiri KTT G20 di Cina, Senin (5/9)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana telah tiba di Jepang untuk mengikuti pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi  (KTT) G20. Di sela pembahasan G20, Presiden akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In dan Perdana Menteri Tiongkok Xi Jinping.

Jokowi tiba di Bandara Internasional Kansai, Jepang pagi tadi. Kedatangan Jokowi beserta rombongan disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Toshiko Abe dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif. Selanjutnya, presiden dijadwalkan mengikuti serangkaian pembukaan KTT G20 beserta delegasi resmi sambil menyelipkan agenda pertemuan bilateral.

Advertisement

Turut menyertai Jokowi dalam agenda G20 yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong.

(Baca: Di G20, Jokowi Akan Ingatkan Ancaman Perang Dagang ke Trump & Jinping)

Adapun dalam persiapannya sebelum bertolak ke Jepang tadi malam, dia menyatakan bakal mengingatkan ancaman perang dagang kepada para pemimpin negara, termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. "Situasi dunia sekarang dipenuhi ketidakpastian dan dibayangi isu perang dagang yang semakin besar," katanya di Jakarta, Kamis (27/6).

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement