Survei BI: Inflasi Pekan Keempat Juni Capai 0,47%

Agatha Olivia Victoria
28 Juni 2019, 18:00
Inflasi minggu keempat Juni
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Ilustrasi, aktivitas jual beli sayuran di Pasar Agung, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (11/6/2019). Deputi Gubernur BI Dody menilai tren inflasi pada bulan ini menunjukkan penurunan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengatakan, inflasi di minggu keempat Juni 2019 mencapai 0,45% secara bulanan (month to month/mom). Kenaikan harga beberapa bahan pangan dan layanan transportasi menjadi penyebab inflasi.

Dody menilai, tren inflasi pada bulan ini menunjukkan penurunan. "Inflasi 4,5%, disebabkan kenaikan harga beberapa komoditas (yang naik) sejak bulan lalu, seperti cabai dan tarif angkutan kota," katanya di Komplek BI, Jakarta, Jumat (28/6).

Besaran inflasi pekan keempat Juni ini secara tahunan (year on year/yoy) mencapai 3,21%. Tingkat inflasi ini, menurut Dody masih sesuai dengan target yang ditetapkan BI atau diproyeksi kurang dari 3,5%.

(Baca: BPS: Harga Bumbu Makanan dan Tarif Tranportasi Naik, Inflasi Mei 0,68%)

Pada bulan lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulanan pada Mei 2019 sebesar 0,68% atau 1,48% secara tahun kalender. Sedangkan secara tahunan, inflasi Mei tercatat 3,32%.

Inflasi yang terjadi saat Ramadan itu utamanya dipengaruhi oleh harga bahan makanan dan angkutan. "Penyebab utama inflasi adalah kenaikan harga cabai merah, daging ayam ras, bawang putih dan tarif angkutan antar kota, udara, dan kereta api," kata Kepala BPS Suhariyanto, beberapa waktu lalu (10/6).

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...