Tingkatkan Produksi Migas Blok Pase, Triangle Lakukan Perawatan Sumur

Image title
28 Juni 2019, 19:03
blok migas aceh, blok pase, triangle pase, bpma, produksi migas aceh
Katadata
Ilustrasi. Blok migas. Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) mencatat produksi gas Blok Pase berasal dari Lapangan Pase A dan B sebesar 3 MMSCFD. Produksi saat ini jauh menurun dari produksi gas pertama kali pada tahun 1998 sebesar 110 MMSCFD.

Triangle Pase Inc melakukan perawatan atas sumur gas B-P1 Gampong Sijudo di Kecamatan Pante Bidari, Aceh Timur. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi gas Blok Pase 1. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Azhari Idris mengatakan, Blok pase 1 merupakan blok migas tua peninggalan ExoonMobil. Perawatan sumur perlu dilakukan untuk menahan penurunan produksi. 

"Mereka sedang mengerjakan well service sehingga sumur-sumur yang ditinggal pada masa lalu itu semoga bisa menghasilkan produksi di Aceh," ujar Azhari saat ditemui Katadata.co.id di Jakarta, pekan lalu.

Untuk menggenjot produksi Blok Pase 1, Triangle Pase juga melakukan pengeboran sumur pengembangan yaitu sumur B-P1 Gampong Sijudo yang berada di Kecamatan Pante Bidari. Pengeboran sudah dilakukan sejak 20 April lalu.

(Baca: Triangle Pase Mulai Mengebor Sumur B-P1 di Blok Pase Aceh)

BPMA mencatat produksi gas Blok Pase dari Lapangan Pase A dan B hanya sebesar 3 MMSCFD. Produksi saat ini jauh menurun dari produksi gas pertama kali pada tahun 1998 sebesar 110 MMSCFD.

Azhari berharap ada peningkatan produksi dari Blok Fase. Sebab, produksi gas Aceh sangat dibutuhkan oleh industri di Sumatera Utara. "Sumatera Utara itu membutuhkan energi gas yang cukup besar. Mereka ada kawasan industri, daerah yang paling dekat dengan penghasil migas itu ya Provinsi Aceh," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...