Ribuan Penggemar Bikin Sketsa Gundala, Termasuk Ilustrator Marvel & DC

Penulis: Michael Reily

Editor: Happy Fajrian

29/6/2019, 10.41 WIB

Ilustrator Marvel dan DC, David Ross, membuat ilustrasi Gundala jagoan Indonesia dengan gaya khasnya.

FanArt Gundala karya Ilustrator Marvel dan DC, David Ross.
Instagram @gundalaofficial
FanArt Gundala karya Ilustrator Marvel dan DC, David Ross.

Antusiasme masyarakat menyambut peluncuran film Gundala karya Joko Anwar di bioskop pada 29 Agustus 2019 semakin tinggi. Lebih dari seribu foto karya sketsa dan lukisan buatan penggemar muncul di Instagram, termasuk illustrator kelas dunia untuk Marvel dan DC Comics, David Ross.

David yang tinggal di Kanada membuat ilustrasi Gundala jagoan Indonesia dengan gaya khasnya. David dikenal melalui karya-karyanya bersama Marvel, yaitu Iron Man dan Avengers Infinity Gauntlet. Dia juga merupakan illustrator Avengers West Coast, Marvel Knights: Daredevil, serta Inhumans.

David juga tercatat mengerjakan komik untuk DC Comics dalam judul JSA: All Stars dan Batman: Bruce Wayne - Fugitive Vol. 1. Dia cukup akrab dengan komik Indonesia dan pernah bertemu Hasmi, komikus Gundala, ketika berkunjung ke Indonesia

David mengaku sebagai seniman komik dia sangat menggemari Gundala. “Saya pertama kali bertemu Hasmi di tahun 1988. Apa yang paling saya ingat tentang Hasmi adalah antusiasmenya. Sangat menular!” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (28/6).

(Baca: Cecep Arif Rahman dan Abimana Suguhkan Pencak Silat di Film Gundala)

David bercerita antusiasme Hasmi sangat membekas di dirinya. Dia berharap film Gundala meraih sukses besar dan bisa ditonton oleh orang-orang di luar Indonesia.

Dia pun menjelaskan alasannya menggemari Gundala. “Saya suka dengan tampilan baru Gundala. Kostumnya terlihat keren. Berdasarkan perspektif seorang artis, karakter apa saja yang bisa mengeluarkan petir dari tubuhnya akan sangat menyenangkan untuk digambar,” ujarnya.

Ribuan lukisan karya penggemar bakal melewati proses kurasi untuk pameran jelang pemutaran Gundala di seluruh Indonesia. Apresiasi dari dunia seni lukis dan sketsa kepada film adaptasi dari karya asli Hasmi ini menunjukkan bahwa Gundala dicintai dari berbagai generasi dan kalangan.

Selain ilustrasi, Gundala juga mengajak para musisi untuk untuk membuat lagu tema dengan syarat menggunakan kata ‘Gundala’. Nantinya tiga lagu terpilih bakal diminta izin untuk ikut serta dalam penutup film Gundala. Gundala diproduseri oleh Bumilangit Studios, Screenplay Films bekerja sama dengan Legacy Pictures.

(Baca: Tayang 29 Agustus, Gundala Jadi Film Perdana Jagat Semesta BumiLangit)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan