Proyek Tol Cisumdawu Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Image title
1 Juli 2019, 15:18
jalan tol cisumdawu
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan pembangunan proyek jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) masih terkendala pembebasan lahan.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan pembangunan proyek jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) masih terkendala pembebasan lahan. Hingga saat ini ada enam seksi jalan tol yang belum 100% pembebasan lahannya.

Untuk pembahasan lahan seksi satu baru mencapai 70,14%, seksi dua fase II 93%, seksi tiga 99,74%, seksi empat 9,75%, seksi lima 0%, seksi enam 75,26%.

Anggota BPJT Agita Widjajanto menjelaskan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) belum mengembalikan dana talangan tanah masyarakat untuk pembangunan proyek jalan tol tersebut. Sehingga tanah yang baru akan dibebaskan juga jadi terhambat.

"LMAN belum mengembalikan dana talangan tanah. Jadi proses pembayaran tanah selanjutnya terlambat, juga ada beberapa hal yang tidak bisa diganti LMAN," kata dia, kepada Katadata.co.id, Senin (1/7).

(Baca: Tol Cisumdawu Bisa Mulai Dijajal Saat Mudik Lebaran 2019)

Sedangkan, jalan Tol Cisumdawu seksi satu ditargetkan bisa beroperasi pada September 2020, seksi satu yang terbentang dari Cileunyi-Ranca Kalong saat ini progresnya 25,43%. Untuk seksi dua fase II ditargetkan bisa beroperasi pada September 2019, jalan tol dari Ciherang-Sumedang progresnya 88,62%.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...