Bea Cukai Buka Toserba di Seluruh Perbatasan Indonesia

Agatha Olivia Victoria
3 Juli 2019, 14:46
Bea cukai bangun toko serba ada (toserba) di wilayah perbatasan
M Agung Rajasa/ANTARA FOTO
Warga negara Papua Nugini berbelanja di pasar perbatasan Skouw di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw Distrik Muara Tami, Jayapura, Papua. Bea Cukai akan membuka toserba di wilayah perbatasan dalam bentuk Pusat Logistik Berikat (PLB) untuk memudahkan pelintas batas memenuhi kebutuhan pokoknya.

Bea Cukai membuka fasilitas toko serba ada (toserba) di perbatasan dalam bentuk Pusat Logistik Berikat (PLB). PLB ini memberikan kemudahan bagi para pelintas batas untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka.

Selain itu, pembangunan PLB juga dilakukan untuk mengurangi penyelundupan dan penyalahgunaan fasilitas di perbatasan. PLB Bahan Pokok diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor PMK 80/PMK.04/2019.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan, toserba di perbatasan ini berbentuk seperti layaknya toserba yang ada di pasar sekitar. "Untuk barang-barang apa saja yang dijual tentunya kebutuhan pokok seperti air mineral, kopi, gula, susu, telur dan sebagainya. Nanti di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) akan ada list barang-barang yang dijual," kata dia saat konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Rabu (3/7). 

Heru menambahkan, PLB ini terbuka bagi siapa saja yang ingin berdagang. Namun, dia berharap pemerintah daerah setempat bisa memanfaatkan fasilitas ini. Selain itu, para pengusaha lain juga diberi ruang untuk melakukan bisnis pada PLB. Hal yang paling terpenting, kebutuhan pokok masyarakat di perbatasan bisa tercukupi.

(Baca: Bea Cukai Hanya Layani Penyampaian Dokumen Secara Elektronik di 2019)

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...