Dapat Pinjaman Rp 5,3 Triliun, Tower Bersama Bayar Utang Entitas Anak

Image title
3 Juli 2019, 14:11
tower bersama infrastructure
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi menara telekomunikasi. Tower Bersama Infrastructure mendapatkan fasilitas pinjaman sebesar US$ 375 juta untuk membayar utang lebih awal sebesar US$ 400 juta.

PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) mendapatkan fasilitas pinjaman senilai US$ 375 juta atau setara dengan Rp 5,3 triliun (kurs: Rp 14.141 per US$) dari konsorsium perbankan. Fasilitas pinjaman yang diberikan kepada entitas anak ini, akan digunakan untuk membayar lebih awal pinjaman Fasilitas A sebesar US$ 400 juta.

Dalam keterbukaan informasi yang diunggah ke Bursa Efek Indonesia, Selasa (2/7) dijelaskan, fasilitas pinjaman ini akan jatuh tempo pada Januari 2025 mendatang. "Dampak dari penerimaan fasilitas pinjaman US$ 375 juta ini adalah untuk memperpanjang rata-rata tenor struktur utang perusahaan," tulis keterbukaan informasi yang ditandatangani oleh Direktur Tower Bersama, Helmy Yusman Santoso.

Bank-bank yang terlibat dalam fasilitas pinjaman konsorsium tersebut ialah Australia and New Zealand Banking Group Limited, CIMB Bank Berhad, Credit Agricole Corporate and Investment Bank, DBS Bank Ltd., Mizuho Bank, OCBC Limited, HSBC Cabang Singapura dan UOB Limited, serta OCBC Limited bertindak selaku security agent.

Pada 28 Juni lalu, perusahaan telah menandatangani Unsecured Revolving Credit Facility tersebut, yang dikenakan margin bunga sebesar Libor +1,75% per tahun untuk kreditur luar negeri dan Libor +1,85% per tahun untuk kreditur dalam negeri.

(Baca: Tower Bersama Akan Kuasai 51% Saham Visi Telekomunikasi Infrastruktur)

Dalam siaran resminya, Helmy menilai, selama empat tahun terakhir pihaknya sukses mengakses pinjaman bank dan pasar obligasi dengan secara konsisten mendapatkan suku bunga yang murah dan jangka waktu yang lebih panjang.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...