Katadata Market Index: IHSG Juli di Zona Bearish Tertahan Sektor Riil

Image title
3 Juli 2019, 15:28
IHSG Naik
Arief Kamaludin|KATADATA

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada Juli 2019 ini diprediksi berada di zona bearish dengan probabilitas terjadinya bullish mendekati nol. Berdasarkan Katadata Market Sentiment Index (KMSI), prediksi tersebut dipengaruhi oleh beberapa indikator. Salah satunya, sektor riil yang belum menunjukan perkembangan signifikan.

Penjualan mobil di sepanjang 2019 ini masih 17% di bawah periode yang sama tahun lalu. Begitu pun konsumsi semen sampai Mei tahun ini masih lebih rendah 3,8% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Sebaliknya, sektor properti menjadi salah satu sektor dengan peforma terbaik di Juni 2019 lalu. Membaiknya sektor properti karena adanya angin segar di mana terdapat relaksasi pembebasan pajak barang mewah (PPnBM) untuk aset yang bernilai di bawah Rp 30 miliar. Hal itu memberikan sentimen positif bagi pelaku bisnis properti dan investor.

Sikap wait and see dalam Katadata Market Sentiment Index (KMSI) periode Triwulan I-2019 lalu sudah mulai ditinggalkan. Investor mulai berani untuk mengambil sikap di pasar saham, seiring kondisi politik dalam negeri yang semakin stabil.

(Baca: IHSG dan Bursa Asia Melaju Turun, Beberapa Saham Bisa Jadi Pilihan)

Seperti diketahui, Pemilihan Umum (Pemilu) yang telah usai sejak April. Kemudian, putusan Mahkamah Kontitusi yang menolak gugatan kubu Prabowo membuat Presiden Petahan Joko Widodo kembali melanjutkan kepemimpinannya dan menghijaukan iklim investasi pasar saham.

Selain itu, optimisme para pelaku pasar juga dipicu oleh lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor's (S&P) yang menaikkan rating investasi Indonesia menjadi BBB.

Hanya, IHSG pada bulan ini juga terpengaruh oleh perlambatan yang terjadi pada ekonomi global, di mana salah satunya dipicu oleh perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang belum berakhir . Pada Juni lalu, banyak pihak menunggu hasil pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di pertemuan G-20. 

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...