Sepanjang Hari Melaju Fluktuatif, IHSG Ditutup Naik Tipis 0,08%

Happy Fajrian
2 Juli 2019, 17:31
ihsg hari ini, bursa efek indonesia, saham,
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Suasana Bursa Efek Indonesia (BEI). Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (2/7), menutup perdagangan di BEI dengan kenaikan sebesar 5,21 poin atau 0,08% ke posisi 6.384,89.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (2/7), menutup perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kenaikan sebesar 5,21 poin atau 0,08% ke posisi 6.384,89.

Perjalanan IHSG hari cukup fluktuatif. Mengawali perdagangan dari zona hijau, IHSG sempat terjun ke zona merah pada 30 menit pertama sesi I berjalan namun berhasil kembali ke zona hijau. Pada sesi II, IHSG lebih banyak menghabiskan waktu di zona merah, namun 15 menit sebelum perdagangan berakhir IHSG kembali ke teritori positif.

Advertisement

Analis Indopremier Sekuritas, Mino, mengatakan bahwa bervariasinya pergerakan indeks hari ini dipengaruhi faktor eksternal. "Sentimen positifnya kesepakatan antara Amerika dan Tiongkok untuk melanjutkan perundingan dagang serta menunda tarif baru," ujarnya dilansir dari Antara.

Sementara itu sentimen negatif yang mengantarkan IHSG ke zona merah berasal dari dipangkasnya proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia oleh Bank Dunia menjadi 5,1% dari sebelumnya 5,2%.

(Baca: Tensi Perang Dagang Mereda Sementara, IHSG dan Bursa Asia Menghijau)

Total transaksi saham sepanjang hari ini menurut data RTI Infokom mencapai Rp 8,29 triliun dari 17,34 miliar saham yang ditransaksikan investor. Sebanyak 174 saham berakhir lebih tinggi, 232 saham berakhir lebih rendah, dan 133 saham stagnan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement