Jokowi Minta Perluasan Bandara Sam Ratulangi untuk Sambut Turis Asing

Penulis: Michael Reily

Editor: Yuliawati

4/7/2019, 15.22 WIB

Jokowi memerintahkan perluasan bandara Sam Ratualngi karena jumlah wisatawan asing yang masuk ke Manado terus bertambah.

perluasan bandara Sam Ratulangi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Seskab Pramono Anung (kiri) dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey (tengah) meninjau Terminal Bandara Internasional Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara, Kamis (4/7/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan perluasan bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara saat mengunjungi kawasan tersebut hari ini. Jokowi menyatakan terminal di Bandara Sam Ratulangi tak lagi cukup untuk menerima kedatangan turis asing. Selain itu, runway bandara juga masih kurang panjang untuk pesawat saat mendarat.

"Oleh sebab itu, sudah kami perintahkan agar segera dibangun terminal yang baru. Akan dimulai nanti bulan September ini dan akan diselesaikan Agustus 2020," kata Jokowi dalam keterangan resmi dari Sulawesi Utara, Kamis (4/7).

(Baca: Wacana Rekonsiliasi dan Nasib Koalisi Jokowi)

Jokowi menjelaskan peningkatan jumlah wisatawan asing yang masuk ke Manado sehingga menambah penerbangan internasional. Permintaan perluasan badara muncul dari agen perjalanan wisata serta masyarakat.

Program perluasan Bandara Sam Ratulangi akan menjadikan terminal bandara menjadi 56.000 meter persegi dari luas 26.000 meter persegi. Perluasan itu bakal menampung 6 juta penumpang dalam setahun, melonjak dari kapasitas sekarang yang hanya 2,5 juta orang setahun.

Jokowi mengungkapkan perluasan bandara bakal bersamaan dengan pembenahan kawasan wisata di Sulawesi Utara. "Kami juga akan masuk ke produknya, saya ke sini untuk mengecek satu-satu (kawasan wisata) biar terintegrasi," ujarnya.

(Baca: Pengusaha Minta Jokowi Umumkan Susunan Kabinet Sebelum Pelantikan)

Jokowi membahas tuntas pengembangan pariwisata Sulawesi Utara sebagai The Rising Star dalam sektor pariwisata Indonesia. Kepala Negara mendapatkan penjelasan dan pemaparan data mengenai proyek perluasan bandara oleh Direktur Operasi Angkasa Pura I, Wendo Asrul Rose.

Turut hadir dalam kunjungan kerja Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Dia berharap semua pihak yang berkaitan dengan pariwisata ikut. "Ini kalau enggak diintegrasikan enggak akan selesai-selesai padahal turisnya sudah ingin berbondong-bondong ke sini," kata Jokowi.

Dia berharap agar perluasan Bandara Sam Ratulangi tersebut dapat semakin meningkatkan industri pariwisata Sulawesi Utara. Selain itu, masyarakat setempat juga bakal mendapatkan layanan transportasi udara yang lebih baik.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan