Rilis Data Ekonomi Domestik dan AS Bayangi Pergerakan IHSG Hari Ini

Image title
8 Juli 2019, 07:15
ihsg hari ini, rekomendasi saham hari ini
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
Pekerja melintasi layar monitor bursa saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (8/7) ini diperkirakan akan dipengaruhi oleh rilis data ekonomi dalam negeri dan Amerika Serikat (AS). Dari dalam negeri ada rilis tingkat kepercayaan konsumen. Sedangkan dari Negeri Paman Sam akan ada pengumuman inflasi dan pembacaan laporan semi tahunan AS.

Bank Indonesia akan merilis perkembangan tingkat kepercayaan konsumen pada Senin (8/7) ini. Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi memperkirakan tingkat kepercayaan konsumen dalam negeri melemah. Secara teknikal, ia pun memperkirakan IHSG hari ini melemah dengan level support 6.320 dan resistance 6.380. Pada perdagangan akhir pekan lalu, IHSG tercatat ditutup pada level 6.373.

Advertisement

Berbeda pendapat, Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya memperkirakan, tingkat kepercayaan konsumen berada dalam kondisi stabil, bahkan meningkat. Hal itu dapat memberikan sentimen positif terhadap pergerakan IHSG hari ini. Menurut dia, IHSG berpeluang menguat dan bergerak di kisaran 6.302-6.488.

(Baca: Katadata Market Index: IHSG Juli di Zona Bearish Tertahan Sektor Riil)

Di sisi lain, Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai data tingkat kepercayaan konsumen tidak akan banyak berpengaruh pada IHSG pekan ini. Yang banyak berpengaruh masih dari eksternal, di antaranya pembacaan laporan semi tahunan dan pengumuman inflasi oleh bank sentral AS (The Fed) pada Kamis (11/7).

Ia menjelaskan, kedua rilis tersebut penting karena bakal memperlihatkan potensi arah kebijakan suku bunga acuan AS, Fed Fund Rate. "Karena inflasi Amerika Serikat merupakan salah satu tolok ukur The Fed dalam memangkas tingkat suku bunga mereka," kata dia Minggu (7/7). Dia memperkirakan, laju IHSG dalam sepekan ini berada di kisaran 6.335-6.395.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement