Rupiah Dibuka Melemah, Tertekan Penguatan Data Tenaga Kerja AS

Sorta Tobing
8 Juli 2019, 10:02
rupiah ke dolar, nilai tukar rupiah hari ini
Donang Wahyu|KATADATA
Nilai tukar rupiah pada transaksi antarbank awal pekan ini, Senin (8/7), dibuka melemah 66 poin atau 0,47 persen menjadi Rp 14.149 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada transaksi antarbank awal pekan ini, Senin (8/7), dibuka melemah 66 poin atau 0,47 persen menjadi Rp 14.149 per dolar AS. Pelemahan terjadi seiring dengan turunnya sejumlah mata uang regional Asia Pasifik lainnya.

Di perdagangan pasar spot, menurut data Bloomberg sampai dengan pukul 09.15 WIB, yen Jepang melemah 0,01% terhadap dolar AS, dan won Korea turun 0.64%. Peso Filipina melemah 0,23%, ringgit Malaysia juga turun 0,21%, dan dolar Singapura melemah 0,7%.

Dolar AS menguat setelah rilis data tenaga kerja di sana menunjukkan penguatan pada Juni kemarin. Hal itu menjadi indikasi bank sentral AS, The Fed, tidak akan secara agresif menurunkan suku bunga pada bulan ini.  

Data nonfarm payrolls, daftar gaji para pekerja yang menyumbang 80% pendapatan domestik bruto (PDB) di AS, menunjukkan penguatan. Angkanya mencapai 224 ribu lapangan pekerjaan, lebih tinggi dari konsensus para ekonom sebelumnya yang hanya 160 ribu lapangan pekerjaan.

(Baca: BI: Suku Bunga AS Berpeluang Turun Jika Perang Dagang Berlanjut)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...