Inalum Minta Insentif Fiskal untuk Memacu Investasi Hilir Minerba

Image title
9 Juli 2019, 01:00
insentif fiskal sektor minerba
Ilustrasi. PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menyarankan pemerintah memberikan insentif fiskal agar investasi di sektor mineral dan batu bara meningkat.

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menyampaikan saran kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI agar ada kebijakan insentif fiskal. Tujuannya, untuk mendorong investasi di sektor mineral dan batu bara (minerba).

Direktur Utama PT Inalum Budi Gunadi Sadikin mengatakan, insentif ini tentunya akan mendorong para pelaku usaha melakukan hilirisasi atau nilai tambah dari komoditas minerba. Menurut dia, apabila diberikan, maka pemerintah akan mendapatkan pajak lebih besar untuk produk hilirnya.

"Toh pemerintah bisa dapat pajak berupa PPN (Pajak Pertambahan Nilai) dan Pajak Penghasilan (PPh) yang jauh lebih besar di produk hilirnya," kata dia, saat Rapat Dengar Pendapat Komisi VII DPR RI, Jakarta, Senin (8/7).

Budi juga menjelaskan, Indonesia saat ini kesulitan berkompetisi dengan negara lain terkait pengembangan teknologi di sektor minerba. Pasalnya, di negara lain pemerintahnya memberikan subsidi untuk pengembangan teknologi. "Teknologi ini sangat susah, karena negara lain disubsidi. Mereka jauh lebih cepat majunya," kata dia.

(Baca: Nilai Valuasi Tak Capai US$ 1,5 M, Inalum Sanggup Akuisisi Saham Vale)

Karena itu, ia meminta beberapa kementerian terkait bersinergi untuk membantu mengembangkan sektor minerba. Jangan sampai komoditas yang diekspor selama ini akhirnya diimpor dari negara lain.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...