Inalum dan Antam Bangun Smelter Bauksit di Kalimantan Barat

Image title
4 April 2019, 20:10
Antam
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum bekerja sama dengan PT Aneka Tambang Tbk atau Antam dalam pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) grade alumina refinery di Desa Bukit Batu, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Proyek tersebut dikerjakan melalui perusahaan patungan Antam dan Inalum yaitu PT Borneo Alumina Indonesia (BAI). Pembangunan smelter-nya bertujuan untuk mengurangi ekspor mineral mentah dan mengurangi ketergantungan impor untuk sumber bahan baku produksi aluminium.

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Oedang menjelaskan pengolahan bauksit menjadi aluminia akan mendorong lahirnya potensi investasi di masa mendatang. Selain itu, hasil produksinya bisa mengurangi defisit transaksi berjalan dan memperkuat nilai tukar rupiah

"Misalnya dalam bentuk pengembangan industri-industri terkait alumina-aluminium based dan diversifikasinya," ujar dia, dalam keterangan pers, Kamis (4/4).

(Baca: Antam Siapkan Studi Kelayakan Pembangunan Smelter Nikel di Papua)

Saat menghadiri pencanangan pembangunan smelter, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno juga mengatakan proyek tersebut merupakan suatu kemajuan bagi industri pertambangan di dalam negeri. Sebelumnya Indonesia mengirim bauksit ke negara lain untuk diolah dan dikirim lagi ke Indonesia.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...